38419 KALI DIBACA

KEMENPUPR Gelar Bimtek Keselamatan Konstruksi bagi Dosen Politeknik Aceh

KEMENPUPR Gelar Bimtek Keselamatan Konstruksi bagi Dosen Politeknik Aceh
example banner

Banda Aceh I Realitas – Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Direktorat Jendral Bina Konstruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengelar kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi bagi 50 Peserta dari Dosen dan Staff Politeknik Aceh, Kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama Politeknik Aceh dan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap civitas akademika Politeknik Aceh dalam menerapkan kaidah-kaidah keselamatan dalam Proyek konstruksi.

Kegiatan ini di laksanakan untuk menambah wawasan dan pengembangan SDM civitas akademika Politeknik Aceh tentang manajemen keselamatan kontruksi di Provinsi Aceh khususnya dan Indonesia pada umumnya, demikian disampaikan Dr.Ir Yuhanis Yunus, M.Eng selaku Direktur Politeknik Aceh.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Yusuf Rachman, S.T., M.T. menjelaskan, kegiatan bimtek Sistem Manajemen Keselamatan konstruksi dilaksanakan selama 3 Hari adalah implementasi Undang-undang No.2/2017 mengenai Jasa Konstruksi. Produk hukum tersebut menyatakan, setiap tenaga kerja konstruksi di bidang Jasa Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja. “Kegiatan ini menjadi ajang sosialisasi pentingnya tenaga kerja bersertifikat guna melindungi tenaga kerja nasional agar memiliki nilai tambah yaitu lebih berkompeten dan produktif,” jelasnya.

Kegiatan ini di akhiri dengan kegiatan observasi lapangan yang dilakukan oleh seluruh peserta BIMTEK ke Proyek Jalan Tol Aceh Ruas Sigli dan Banda di daerah Indrapuri. Para peserta Mendapat penjelasan dari Petugas K3 PT. Adhi Karya tentang transformasi kebijakan dan kelembagaan agar lebih ditekankan kepada poin poin penting seperti regulasi K3, kebijakan dan komitmen, serta biaya Sistem Manajemen K3 Konstruksi tanpa mengesampingkan dampak dan keselamatan konstruksi itu sendiri. (Nrl)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS