55819 KALI DIBACA

Ini Dia Dalang Kerusuhan di Rutan Lhoksukon

Ini Dia Dalang Kerusuhan di Rutan Lhoksukon
example banner

Lhoksukon – Kaburnya puluhan napi dari Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Lhoksukon Aceh Utara, pada Minggu (16/6) sore, ternyata didalangi oleh seorang narapidana kasus pembunuhan Tgk Imum Sawang.

Kepala Rumah Tahanan Klas II B Lhoksukon, Yusnal menyebutkan kerusuhan serta pengerusakan sejumlah fasilitas di rutan didalangi oleh seorang napi atas kasus pembunuhan Tgk Imum di Sawang, atas nama Syafrizal.

“Kerusuhan itu terjadi karena diprovokasi oleh salah seorang napi kasus pembunuhan Tgk Imum di Sawang,” kata Yusnal.

Menurut Yusnal, kerusuhan serta rencana untuk melarikan diri sejumlah napi di dalam rutan sepertinya memang sudah direncanakan Syafrizal dan beberapa napi lainnya dari dalam penjara.

Menurutnya, Syafrizal dan beberapa napi lainnya memang rencananya dalam minggu ini akan dipindahkan ke LP Banda Aceh.

“Mungkin karena mereka sudah tau mau dipindahkan maka rencana jahat tersebut direncanakan oleh mereka dengan memprovokasi tahanan lainnya,” ujar Yusnal.

Menurutnya, Syafrizal yang divonis seumur hidup serta beberapa napi tahanan lainnya akan pindahkan ke Banda Aceh, sesuai lampiran keputusan Kemenkum Ham Aceh.

Dia mengatakan, setelah dilakukan pendataan terhadap seluruh napi ada 73 tahanan yang kabur, 20 di antaranya sudah berhasil di tangkap kembali. Hal itu terjadi tidak lama setelah dirinya keluar dari kantor.

“Seluruh napi kabur setelah mendobrak dan merusak jeruji besi jendela kantor,selama ini antara tahanan dan petugas lapas disini tidak ada masalah, adem ayem saja,” pungkasnya.(red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS