74419 KALI DIBACA

DPRK Aceh Selatan Ajukan Anggota Antar Waktu KIP Yang Dimakdumkan

DPRK Aceh Selatan Ajukan Anggota Antar Waktu KIP Yang Dimakdumkan
example banner

Tapaktuan I Realitas-Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Selatan segera memproses pengganti antar waktu (PAW) anggota komisionir Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat H. M. Nazir Ali yang resmi diberhentikan (Makdum) Komisi Pemilihan Umum (KPU), belum lama ini.

Tgk. HM Nazir Ali diberhentikan dari Komisionir KIP Aceh Selatan menyusul keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara  Pemilu (DKPP) No. 65/PKE-DKPP/IV/2019.

Menurut Ketua DPRK Aceh Selatan Teuku Zulhelmi kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis, (13/6/2019), menyebutkan pihaknya segera menindaklanjuti surat KPU yang meminta untuk mengganti anggota KIP yang diberhentikan sebagaimana SK KPU nomor 985/PP 06 Kpt/05/KPU/2019.

Nama yang diusulkan sebagaimana penjelasan KPU adalah nama yang terdapat dalam urutan 1 (satu) dalam cadangan calon anggota KIP yang sudah diuji kelayakannya.

Sebagaimana permintaan KPU, maka segera akan kami proses dan akan mengusulkan calon anggota pada cadangan satu yaitu Sudarman Syarif, ST, katanya.

Menurut Zulhelmi, pengajuan nama calon anggota PAW itu akan dibahas dalam rapat pleno sebagaimana mekanisme penetapan.

Sementara itu, pihak KIP Aceh Selatan mengatakan, keputusan KPU memberhentikan salah seorang anggota komisionir KIP Aceh Selatan menjadi kewenangan lembaga pemilu itu sehingga mendukung keputusan pemberhentian tersebut.

“Kami menerima apa yang menjadi keputusan KPU,” kata Sekretaris KIP Aceh Selatan Surya Darma, singkat dihubungi secara terpisah.(Zulmas)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS