24819 KALI DIBACA

8 WN Tiongkok Diamankan Polisi Diduga Melakukan TPPO

8 WN Tiongkok Diamankan Polisi Diduga Melakukan TPPO
example banner

Jakarta I Realitas – Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., kembali memberikan keterangan terkait beberapa kasus yang terjadi di tanah air bertempat di Mabes Polri, Senin (24/6/19).

Karo Penmas Divhumas Polri menyampaikan Polri telah mengamankan 8 Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari China terkait dugaan melakukan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Kasus ini bermoduskan dengan pernikahan pesanan dimana korban akan diiming-imingi sejumlah uang jika mau dinikahkan. Salah satu korban atas nama AS (23) asal Ambawang, Kalimantan Barat diperdagangkan dengan cara menikahkannya dengan WN Tiongkok kepada salah satu pemesan AMW (54). “Progres penanganan terakhir kasus TPPO yang ditangani Ditreskrimum Polda Kalbar. Tersangka AMW telah di lakukan penahanan,” ungkap Karo Penmas.

“Pembayarannya awal Rp10 juta sebagai uang muka. Dan Rp10 juta akan diberikan lagi setelah dibuatkan paspor, dimana sebelumnya AMW meminta syarat berupa KTP, KK, Akta korban untuk dijadikan syarat pembuatan paspor,” lanjut Karo Penmas.

Dalam kasus ini, Polisi berhasil mengamankan delapan warga negara Tiongkok yang diduga sebagai pelanggan AMW yang telah ditangkap di antaranya :

  1. Tang Sui Bie (56), sebagai wali nikah;
  2. Qu Bai Yun (29), pengantin laki-laki;
  3. Bao Yan Feng (28), pengantin laki-laki;
  4. Mu Xiao Bo (28), pengantin laki-laki;
  5. Tang Xiubi (56), pengantin laki-laki;
  6. Zhang Jing Chao (29), pengantin laki-laki;
  7. Sun Zhen Jian (27), pengantin laki-laki;
  8. Liu Jin Zhou (28), pengantin laki-laki. (rz/sw/hy/Nrl)

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS