25619 KALI DIBACA

Pelepasan Lahan HGU PTPN 1 Langsa, Sesuai Nawacita Ke-5 Presiden Republik Indonesia

Pelepasan Lahan HGU PTPN 1 Langsa, Sesuai Nawacita Ke-5 Presiden Republik Indonesia
Kabag Pemerintahan Pemko Langsa,Khairul Ichsan
example banner

Langsa | Realitas – Pemerintah Kota Langsa, sejauh ini masih berharap adanya perhatian serius dari pihak PTPN 1 Langsa untuk segera melepaskan HGU seluas 50 hektar untuk dapat dimiliki oleh 115 Kepala Keluarga (KK) masyarakat yang mendiami Desa Buket Rata,Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, demikian dikatakan, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Kota Langsa yang dijabat oleh Khairul Ichsan saat Wartawan Realitas menemuinya diruang kerjanya, Senin (20/5/2019).

Apa lagi mayoritas warga masyarakat Desa Bukit Rata ini, lanjut Ichsan, adalah merupakan eks atau pensiunan dan pekerja dari pihak PTP Nusantara I Langsa.

“Dan untuk di ketahui, memang wilayah Desa Buket Rata Ini.Kebaradaanya berada di dalam Kawasan HGU milik PTP-Nusantara I Langsa,” jelas dia.

Dalam hal ini, timpal dia, Pemerintah Kota Langsa tertanggal 22 April 2019 telah menyurati Direktur Utama PTPN I Langsa dengan nomor surat 590/1045/2019, prihal permohonan lahan untuk perluasan pemukiman Gampong Bukit Rata yang ditandatangani langsung oleh Walikota Langsa, Usman Abdullah SE, Dengan tembusan:

1) Gubernur Aceh di Banda Aceh.

2) Dirjen pengadaan tanah Kementerian ATR R.I di Jakarta.

3) Kanwil BPN Aceh di Banda Aceh.

4) Kepala Dinas Pertanahan Aceh di Banda Aceh.

5)Ketua DPRK Kota Langsa di Langsa.

6) Kepala Bappeda Kota Langsa xi Langsa.

7) Kepala Dinas PUPR Kota Langsa di Langsa.

8)Kepala Kantor Pertanahan Kota Langsa di Langsa.

9)Camat Langsa Timur,di Seunebok Antara.

10) Geuchik Bukit Rata.

Adapun isian surat tersebut berbunyi antara lain sehubungan dengan munculnya surat Geuchik Buket Rata, bernomor 41/2013/2019 tanggal 4 Maret 2019, perihal permohonan lahan untuk perluasan pemukiman.

Yang sangat membutuhkan tanah dalam rangka pembangunan untuk kepentingan masyarakat seperti permukiman, ruang terbuka hijau, fasilitas sosial, fasilitas umum, serta fasilitas lainya.

Sedangkan letak geografis Gampong Buket Rata seluruhnya berada diatas lahan tanah HGU PTPN 1 Langsa, sehingga persoalan kejelasan kepemilikan tanah menjadi hambatan untuk penganggaran dan pembangunan, karena lokasi pembangunan merupakan HGU PTPN 1 Langsa.

Berkenaan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan saudara agar dapat melepaskan sebahagian HGU PTPN 1 Langsa, seluas 50 Ha untuk berkelanjutan pembangunan bagi masyarakat di Gampong Buket Rata Kecamatan Langsa Timur.

Hal ini juga sejalan dengan nawa cita ke-5 Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, yaitu Indonesia Sejahtera dengan mendorong program kepemilikan tanah 9 juta hektar bagi masyarakat.

Pada kesempatan ini, Ichsan juga mengakui terahadap minimnya ruang lingkup untuk mengembang kan pembangunan, sebagaimana yang telah diprogramkan oleh Pemerintah melalui dana Desa.

“Karena tempat tinggal warga masyarakat Desa atau Gampong Buket Rata itu semuanya masih milik aset PTP-N I Langsa,” demikian dipemaparan yang di peroleh Wartawan Realitas Dari Kabag Pemerintahan Pemko Langsa. (Effendi Musa)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS