46219 KALI DIBACA

Kakanwil Kemenkumham Aceh Agus Toyib : Kalau Ada Napi Yang Dikeluarkan Tidak Sesuai Prosedur Atau Keluar Secara Ilegal Kalapas Kita Periksa

Kakanwil Kemenkumham Aceh Agus Toyib : Kalau Ada Napi Yang Dikeluarkan Tidak Sesuai Prosedur Atau Keluar Secara Ilegal Kalapas Kita Periksa
Kakanwil Kemenkumham Aceh Agus Toyib, Bc.IP., S.H., MH
example banner

Banda Aceh I Realitas – Kalau ada narapidana (Napi) yang yang dikeluarkan secara Ilegal tidak sesuai dengan Prosedur atau SOP Kakanwil akan periksa Kalapas kalau perlu kita copot dari jabatan nya bukan hanya periksa.

Tidak tertutup kemungkinan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan ini ada oknum Lapas main – main dengan mengeluarkan Napi secara Ilegal atau tidak sesuai prosedur kita minta semua pihak laporkan kepada Kakanwil, demikian disampaikan Agus Toyib kepada Media Realitas Kamis (2/6/2019) di Banda Aceh.

Agus Toyib meminta semuanya pihak baik Wartawan, LSM, Polisi dan masyarakat agar mengawasi semua Lembaga Pemasyarakatan (LP) kalau menemukan adanya napi berkeliaran diluar laporkan kepala kami atau kepada pihak berwajib setempat, kalau keluar tidak sesuai ketentuan,”ujar nya.

Kakanwil minta pihak LSM, yang memantau adanya napi diluar foto dan kirim kepada nya selama ini memang banyak yang melaporkan dengan telephone dan sms kepada Kakanwil Kemenkumham Aceh tapi kadang – kadang laporan nya terputus makanya belum bisa ditindak,”ujar Agus Toyib.

Wartawan silakan beritakan dan sebutkan nama nama napi yang didapatkan diluar, kalau Kalapas kita periksa dan kita copot, kalau napi kita buang ke luar Aceh, silakan laporkan kepada kami dan lampirkan bukti – buktinya jangan fitnah dan otentik laporan nya.

Sekarang tidak lagi main- main napi yang di izinkan CMK harus ditinjau lebih detail dan tujuan nya, kadang – kadang mintak izin sampai tiga hati cuma keluar makan kari kambing ini sudah sangat keterlaluan, kalaupun ada yang dikeluarkan memang harus prosedur yang jelas apalagi yang mintak izin napi yang hukuman nya diatas 10 tahun dan kasus Narkotika lagi ini aneh sekali, makanya kami minta kalau ditemukan atau melihat benar napi itu sedang dalam proses hukuman pembinaan di lapas lalu ada diluar jangan segan – segan segera laporkan ke Kakanwil atau kepada Wartawan biar cepat diberitakan,”tegas Agus.

Sekarang semua pihak jangan tutup mata lagi menyangkut adanya dugaan napi yang seharusnnya didalam tahanan tapi berkeliaran diluar akan kita tindak Kalapas nya dan napi yang berkeliaran akan kita pindahkan ke lapas lain yang lebih aman lagi.

Kita dapat informasi adanya napi keluar bersama pegawai Lapas sekarang sedang kita pantau semua lapas yang ada di Aceh, makanya kita minta kepada pihak wartawan tuliskan nama nama napi yang mereka dapatkan diluar biar kita tindak siapapun yang terlibat,”tutup Agus.(H A Muthallib)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS