18619 KALI DIBACA

Gelora Sumpah Palapa Dan Gotong Royong Menjadi Pelecut Semangat Menuju Indonesia Jaya

Gelora Sumpah Palapa Dan Gotong Royong Menjadi Pelecut Semangat Menuju Indonesia Jaya
example banner

Pidie | Realitas – Komando Distrik Militer 0102/ Pidie Selenggarakan upacara bendera dalam rangka peringatan hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019 di lapangan upacara makodim 0102/Pidie Gampong Lampeude Baro Kecamatan Pidie Jln. Prof A. Majid Ibrahim Sigli, Senin (20/05/2019).

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019 tersebut mengusung tema “Bangkit Untuk Bersatu” dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0102/Pidie Letkol Arm Wagino SE.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim membacakan amanat dari Menteri komunikasi dan informatika republik indonesia.

Dalam amanatnya menteri Komunikasi dan Informatika mengingatkan kita tentang sumpah palapa yang dilakukan oleh Mahapatih Gajah Mada, yang diyakini merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada tersebut telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan Nasional kita untuk mengikat wilayah indonesia seperti yang secara De Jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa tersebut, dimana dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut banyak menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita, akibat adanya gesekan-gesekan dalam pelaksanaan pemilu.

Namun pada dasarnya semua perbedaan dalam pilihan tersebut pastinya diniatkan untuk kebaikan bangsa dan kemaslahatan masyarakat indonesia.

Apalagi Peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini berlangsung dalam suasana bulan ramadhan bagi umat islam, Bulan suci ramadhan ini menuntun kita untuk mengejar pahala dan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dapat mengurangi ataupun membatalkan pahala puasa yang di benci Allah SWT, seperti permusuhan dan kebencian apalagi menyebarkan kebohongan dan fitnah.

Diakhir amanatnya Menteri Komunikasi dan Informatika mengajak agar kita selaku sesama anak bangsa dapat memaknai peringatan Harkitnas kali ini dengan selalu menjaga suasana yang kondusif penuh harmoni dan persatuan serta memperbaharui semangat gotong royong dan kolaborasi sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa negara kita menuju negara yang Jaya dipentas global. (Zoni Jamil)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS