32619 KALI DIBACA

Dua Rumah Di Abdya Ludes Terbakar, Pasutri Alami Luka Bakar

Dua Rumah Di Abdya Ludes Terbakar, Pasutri Alami Luka Bakar
Petugas pemadam kebakaran sedang berupaya memadamkan sisa api yang masih menyala di rumah warga yang hangus terbakar pada Selasa (28/5/2019) pagi di Desa Rubek Meupayong, Susoh.
example banner

Blangpidie | Realitas – Kobaran api menghanguskan dua unit rumah warga di Desa Rubek Meupayong, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hingga ludes, pada Selasa (28/5/2019) pagi sekira pukul 10.00 WIB.

Akibat kebakaran hebat itu, sejumlah isi rumah ikut terbakar bahkan sepasang suami istri (pasutri) mengalami luka bakar ringan dibagian punggung, kaki dan tangan.

“Meski hanya luka ringan namun pemilik rumah sempat shok dan langsung ditangani pihak medis,” kata M Samin selaku Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya dilokasi kejadian.

Pihak medis tengah menangani pasien luka bakar akibat kebakaran rumah di Desa Rubek Meupayong, Susoh

 

Katanya, api begitu cepat menyambar rumah semi permanen tersebut, sehingga pemilik rumah hanya bisa mengeluarkan isi rumah semampunya saja. “Karena cuaca panas membuat kobaran api tidak terbendung hingga meludeskan kedua rumah warga itu,” lanjut M Samin.

M Samin mengaku menerima laporan tentang peristiwa kebakaran itu sekira pukul 10.11 WIB dan langsung mengerahkan armada pemadam kebakaran (damkar) sebanyak tiga unit kelokasi.

“Dalam waktu 10 menit, armada kita sudah tiba di lokasi dan langsung memadamkan api termasuk menyelamatkan rumah disekitarnya agar tidak dijilat api,” ungkapnya.

“Api baru bisa kita padamkan sekitar satu jam dengan melibatkan beberapa personel yang dibantu oleh warga setempat,” sambung M Samin.

Sejauh ini, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebarakan itu.

Jika dilihat dengan kasat mata, api telah menghanguskan bangunan dan sebagian isi rumah yang tidak bisa diselamatkan lagi.

“Meski tidak ada korban jiwa, namun sepasang suami istri mengalami luka bakar ringan dan kerugian ditaksir seratusan juta rupiah,” sebutnya.

Pasca kejadian itu, M Samin sudah memberikan bantuan masa panik untuk keluarga yang tertimpa musibah kebakaran.

“Sementara ini, pemilik rumah terpaksa tinggal di rumah tertangga yang berdekatan atau saudaranya masing-masing, kita juga akan melaporkan kejadian ini kepada pimpinan dan selanjutnya berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya,” demikian tambahnya.

Data yang diperoleh dari BPBK Abdya, masing-masing rumah itu dihuni oleh M Isa (40) bersama dengan istrinya Baidah (35) dan kedua anak perempuannya yang baru duduk dibangku sekolah dasar (SD) dan satunya lagi masih balita.

Sedangkan rumah berikutnya dihuni oleh Mawardi (60) bersama dengan istrinya Mainah (55).

Keduanya mengalami luka bakar ringan, dan sudah ditangani pihak medis.

Amatan dilapangan, ratusan warga memadati lokasi tempat kebakaran. Masing-masing dari mereka ikut membantu memadamkan api termasuk menolong menyelamatkan barang dari rumah tersebut. (syahrizal/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS