19419 KALI DIBACA

15 Warga Jepang Ditangkap di Thailand Terkait Kasus Penipuan Menyasar Lansia

15 Warga Jepang Ditangkap di Thailand Terkait Kasus Penipuan Menyasar Lansia
example banner

Tokyo | Realitas – Sebanyak 15 warga Jepang ditangkap polisi Thailand. Mereka akhirnya tiba di Bandara Haneda Jepang, Jumat (24/5/2019).

“Kelompok tersebut dikelola kalangan mafia Jepang (yakuza). Namun mereka kebanyakan orang yang terlibat utang besar lalu kabur ke Thailand,” ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (25/5/2019).

Kasusnya berawal dari laporan pemilik rumah di Thailand di sekitar Pantai Pattaya Bangkok.

Pemilik rumah merasa curiga dengan banyaknya orang dan juga telepon di tempat itu.

Bulan Maret 2019 polisi Thailand menggerebek rumah tersebut dan terbongkarlah semua kegiatan mereka yang biasa disebut Kakeko (orang yang menelepon orang lain untuk penipuan).

Mereka menggunakan telepon IP, komputer pribadi, dan lainnya. Semuanya disita pihak polisi Thailand.

Ini dalah sindikat dan kelompok besar yang pertama kali ditangkap pihak polisi Thailand dan juga polisi Jepang menghadapi kasus besar seperti ini dari luar Jepang.

12 di antara 15 orang tempat tinggal permanen berada di Kyushu dan Okinawa, dan diyakini bahwa mereka telah menumpuk utang saat hidup di sana. Itulah sebabnya ikut ke dalam kelompok tersebut.

“Mereka telah terima sumbangan dari yakuza dan membayarkan utangnya,” ujar sumber Tribunnews.

Makanan disimpan di pusat kontrol di Thailand, dan barang-barang berharga seperti paspor dimasukkan ke dalam brankas yang hanya bisa dibuka oleh beberapa anggota utama kelompok tersebut untuk menghindari agar tidak bisa kabur dari Thailand.

Kelompok pemalsuan dan usaha transfer para penipu tersebut dipindahkan ke luar Jepang sejak 10 tahun lalu.

Kasus ini jarang terjadi dan penangkapan ramai-ramai penjahat dari luar Jepang ini yang pertama kalinya terjadi di Jepang. (tribunnews/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS