22819 KALI DIBACA

H-1 Pemilu, KIP Abdya Musnahkan 4.262 Surat Suara

H-1 Pemilu, KIP Abdya Musnahkan 4.262 Surat Suara
Foto: Realitas/Syahrizal Wakil Bupati Abdya Muslizar MT (tengah) didampingi unsur Forkompinkab setempat dan para Komisoner KIP membakar surat suara lebih dan rusak di Halaman Kantor KIP setempat, Selasa (16/4/2019).

Blangpidie | Realitas – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan pemusnahan dengan membakar 4.262 lembar surat suara lebih dan rusak yang berlangsung di Halaman Kantor KIP setempat, Selasa (16/4/2019) pagi sekira pukul 10.30 WIB.

Ketua KIP Abdya, Sanusi menyebutkan, jumlah surat suara lebih dan rusak itu merupakan surat suara untuk pemilihan Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPR Aceh dan DPR Kabupaten.

“Pemusnahan ini untuk mengantisipasi disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, disamping itu, memang sudah sepatutnya dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku jika ada surat suara lebih atau rusak harus di musnahkan sebelum masa pencoblosan,” katanya.

Sanusi merincikan, untuk surat suara pemilihan Presiden/Wakil Presiden yang telah dimusnahkan sebanyak 280 lembar, DPR RI sebanyak 164 lembar, DPD sebanyak 247 lembar, DPRA dari daerah pemilihan (dapil) 9 (sembilan) sebanyak 334 lembar.

Sedangkan untuk DPRK dari daerah pemilihan (Dapil) 1 (satu) sebanyak 1.098 lembar, Dapil 2 sebanyak 1.089 lembar dan dapil 3 sebanyak 1.050 lembar.

“Kita berharap, pemilu esok akan berlansung dengan aman dan damai, tentukan pilihan masing-masing jangan ada yang golput,” demikian tandasnya.

Proses pemusnahan surat suara itu juga turut dihadiri Wakil Bupati Abdya Muslizar MT, Kapolres Abdya AKBP Moh Basori SIK, Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto SIP, Kajari Abdya Abdur Kadir SH MH, Ketua Panwaslih Abdya Ilman Saputra serta para tamu undangan lainnya.

Usai melakukan pemusnahan surat suara, KIP lansung mendistribusikan logistik pemilu yakni sebanyak 2.135 kotak suara ke 427 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 152 desa dalam Kabupaten Abdya.

Sementara itu, Wabup Muslizar didampingi unsur Forkompinkab Abdya beserta para Komisioner KIP lansung memantau kesiapan lokasi TPS dalam sembilan kecamatan di Kabupaten Abdya.

“Kita akan kunjungi secara simbolis saja, masing-masing kecamatan akan dikunjungi satu titik TPS,” kata Wabup Muslizar singkat.

Sementara itu, Kapolres Abdya AKBP Moh Basori SIK dalam kesempatan itu menjamin keamanan dalam Pemilu esok.

Bahkan, pihaknya telah menerjunkan 190 personel untuk mengamankan TPS dengan di backup pihak TNI.

“Kita berharap pemilu esok akan aman dan damai, kalau untuk kesiapan sudah memadai bahkan kita juga menyediakan pos kemanan di sejumlah titik dalam Kabupaten Abdya,” demikian tuturnya. (Syahrizal/iqbal)

Subscribe

MEDIA REALITAS