Makan Bajamba Iringi Pembukaan TMMD Ke-104 Kodim 0308/PARIAMAN

oleh -87.579 views
oleh

PARIAMAN| Makan bajamba atau juga disebut makan barapak adalah tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.Tradisi ini umumnya dilangsungkan pada hari-hari besar agama Islam dan dalam berbagai upacara adat, pesta adat, dan pertemuan penting lainnya.

Secara harfiah Makan Bajamba mengandung makna yang sangat dalam, dimana tradisi makan bersama ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial.

Seperti pada pembukaan TMMD ke-104 diwilayah Kodim 0308/Pariaman, di acara pembukaan ini, Kodim 0308/PARIAMAN bersama masyarakat sengaja menggelar acara “Makan Bajamba”,karena dalam adat Minangkabau Makan Bajamba menunjukan Kebersamaan sehingga cocok dan pantas dilaksanakan disaat TMMD.

“Dalam kegiatan TMMD kita harus padu kekuatan kebersamaan dengan gotong royong agar tujuan guna mencapai kesejahteraan masyarakat melalui seluruh program TMMD dapat terlaksana dengan baik. Kebersamaan di TMMD tak jauh beda dengan Makan Bajamba, “ungkap Dandim 0308/PARIAMAN Letkol Arm Heri Pujiyanto. S. Sos.

BACA JUGA :   Prediksi Rio Ave vs Arouca, 20 April 2024

Selain,tradisi “Makan Bajamba”, juga dilaksanakan penyerahan bibit Pohon Pinang,Pohon Kelapa, bantuan traktor,serta bantuan Kitab Suci Alqur’an kepada Kelompok Tani, Majelis Takhlim.

Disela-sela peninjauan sasaran fisik, Dandim 0308/PARIAMAN Letkol Arm. Heri Pujiyanto. S. Sos, menjelaskan bahwa TMMD digelar dalam rangka membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah,untuk itu Kodim 0308/PARIAMAN bersama Satgas TMMD  melaksanakan kegiatan serbuan teritorial untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta meningkatkan kemanuggalan TNI bersama rakyat.

“Tujuan kegiatan TMMD yang dilaksanakan ini untuk membantu pemerintah daerah Kabupaten Padang Pariaman dalam mempercepat pembangunan serta terwujudnya kemanunggalan TNI Rakyat secara serasi dan terpadu.

“Acara pembukaan TMMD,disambut baik oleh masyarakat khususnya masyarakat Guguak Kuranji Hilir, Alahmdulilah, berkat kerjasama seluruh rangkaian cara pembukaan dapat berjalan dengan lancar karena kerja keras semua pihak, “ucap Dandim 0308/Pariaman.

BACA JUGA :   Prediksi Rio Ave vs Arouca, 20 April 2024

Diberitakan sebelumnya,Bupati Padang Pariaman Drs Ali Mukhni, secara resmi membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 wilayah Kodim 0308/Pariaman, Selasa (26/02/2019) pagi.Upacara pembukaan TMMD ke-104 secara serentak di buka hari ini di seluruh Indonesia.

Sebagai Irup upacara pembukaan Bupati Padang Pariaman Drs Ali Mukhni,dan  Komandan Upacara Danramil 02/Sei Limau Kapten Arh Azral Koto,sedangkan Perwira Upacara Pasipers Kapten Inf Hasben Rizal.

Adapun peserta upacara terdiri dari, dua pleton pelajar,satu pleton ASN, satu pleton FKPPI,satu Pleton Satpol PP,satu Pleton Polri, empat Pleton TNI dan satu Pleton Korsik.(Red)