29819 KALI DIBACA

Jelang Pilpres Dan Pileg Kodim 0102 Pidie Ingatkan Jajaran Prajurit TNI, Harus Netral

Jelang Pilpres Dan Pileg Kodim 0102 Pidie Ingatkan Jajaran Prajurit TNI, Harus Netral
example banner

Pidie | Realitas – Bertempat di Aula Salimuddin Makodim Pidie, dalam rangka mewujudkan Soliditas TNI demi keutuhan NKRI serta sebagai upaya meningkatkan Profesionalisme Prajurit, Kodim 0102/Pidie menyelenggarakan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pileg dan Pilpres bagi Prajurit dan ASN Kodim 0102/ Pidie dan Keluarga Besar TNI (KBT), Senin (25/02/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kasdim Pidie Mayor Arm Musani S.Pd. M.Sc. dengan mengusung tema “Melalui Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pemilu Pileg dan Pilpres.”

” Kita Wujudkan Profesionalisme TNI dengan sikap Netral Dalam Penyelenggaraan Pemilu Baik Pileg maupun Pilpres dan senantiasa mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu yang Luber dan Jurdil diseluruh wilayah NKRI.

“Dandim 0102 Pidie Letkol Arm Wajino,SE melalui Kasdim Mayor Arm Musani,S.Pd,M.Sc dalam sambutannya pada Wartawan Realitas, setelah acara tersebut Kasdim menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan dalam rangka untuk menjaga profesionalisme dan tugas pokok TNI dalam mengawal kedaulatan negara, dihadapkan pada dinamika politik menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, lanjutnya.

Mayor Musani dengan tegas, sesuai dengan amanah UU No 34 Tahun 2004 pasal 2 tentang Jatidiri Prajurit TNI ayat “D” Tentara Profesional, yaitu tentara yang terlatih, terdidik, diperlengkapi secara baik, tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis, dan dijamin kesejahteraannya, serta mengikuti kebijakan politik negara yang menganut prinsip demokrasi, supremasi sipil, hak asasi manusia, ketentuan hukum nasional, dan hukum internasional yang telah diratifikasi, tegasnya.

Menurut pantauan artawan realitas, adapun materi tentang Peran dan Tugas TNI pada Pileg dan Pilpres 2019 dijelaskan oleh Danramil 21/Kota Sigli Kapten Inf Samsul Rizal S.Sos yang mana keterlibatan TNI dalam Pileg dan Pilpres adalah untuk mem-back up Polri dalam pengamanan Pemilu, dari mulai pengamanan fasilitas, distribusi logistik dan mengatasi gangguan keamanan serta menganalisa dan melokalisir tempat yang rawan akan keamanan pemilu.

Untuk Sementara, Pasiter Kapten Inf Dwi Santosa melalui media realitas juga menyampaikan materi tentang Pedoman tentang Netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres, Netralitas TNI merupakan amanah reformasi internal TNI Sesuai UU No. 34 THN 2004 Tentang TNI.

Netralitas TNI : “TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis” dan Netral dengan tidak berpihak, tidak ikut atau membantu salah satu Pihak.

Implementasi (pelaksanaan) Netralitas TNI dalam Pemilu Pileg dan Pilpres adalah mengamankan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri sesuai MoU TNI- Polri tanggal 23 Januari 2018, serta UU No 34 Pasal 7 ayat 2 : mem- back up Kepolisian Negara RI dalam rangka keamanan dan ketertiban masyarakat dalam tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP),”tutupnya. (Zoni Jamil)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS