40419 KALI DIBACA

Kementerian Perhubungan Bangun Posko Tangani Dampak Tsunami Selat Sunda

Kementerian Perhubungan Bangun Posko Tangani Dampak Tsunami Selat Sunda
example banner

Toraja | Realitas – Kementerian Perhubungan membangun posko penanganan korban bencana tsunami di pantai Selat Sunda.

“Saya sudah menugaskan dirjen saya, juga beberapa BUMN untuk segera membuka posko,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu (23/12/2018).

Budi mengaku akan melakukan peninjauan ke lokasi dampak tsunami besok, untuk memastikan musibah tersebut tidak mengganggu transportasi dan konektivitas antar daerah.

“Besok saya akan ke sana untuk mengkoordinasikan apabila ada instalasi transportasi yang terganggu dan konektivitas yang terganggu,” kata dia.

Selain itu, Budi juga telah memerintahkan Dirjen Perhubungan Darat untuk berkoordinasi dengan PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) untuk memastikan penyeberangan Merak-Bakauheni dapat beroperasi dengan baik.

“Secara khusus, saya menugaskan dirjen darat untuk segera menugaskan tim dengan ASDP, ASDP sendiri yang di Merak tidak terdampak,” ucap dia.

Tsunami menerjang sejumlah pantai di Selat Sunda, di antaranya di pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan pada Sabtu (22/12/2018) sekira pukul 21.37 WIB.

Tsunami tersebut diduga dipicu oleh aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau dan gelombang pasang akibat pengaruh bulan purnama.

Hingga pukul 11.00 WIB tadi, BNPB mencatat setidaknya 62 orang tewas, 584 orang luka-luka serta dua orang menghilang akibat peristiwa tersebut.

Sementara kerugian fisik meliputi 430 unit rumah rusak berat, sembilan hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat, dan puluhan lainnya rusak. (tribunnews/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS