4000 Lebih Mandaftar CPNS Aceh Selatan Sementara Yang Lewat Hanya 29 Orang

oleh -198.579 views
Sekda Aceh Selatan, H. Nasjuddin, SH sedang memberikan keterangan awak media

Tapaktuan | Realitas – Cukup di sayangkan masyarakat Aceh Selatan khususnya dan Indonesia pada umumnya maksud hati hendak menjadi PNS untuk mengabdi pada negara, namun harapan sirna dalam test seleksi CPNS secara “ONLINE”.

Contohnya di Kabupaten Aceh Selatan yang mendaftar CPNS dari 18 Kecamatan dalam Kabupaten tersebut dan berbagai formasi, sebanyak 4139 orang, namun yang lulus hanya 29 orang.

Dalam hal penerimaan pada PNS di Kabupaten Aceh Selatan dari berbagai formasi yang dibutuhkan sebanyak 256 orang, kata Sekda Aceh Selatan, Nasjuddin, SH, yang kita sayangkan hanya yang lewat seleksi 29 orang, katanya pada ruang kerja Rabu (14/11/2018) sekitar pukul 15.00 WIB sore.

Menurut Sekda H. Nasjuddin, Aceh Selatan masih cukup minim PNS di bidang kesehatan, baik dokter maupun perawat.

Sebenarnya yang dibutuhkan dokter satu puskesmas pada tiap Kecamatan sebanyak dua orang.

Lebih lanjut Nasjuddin menerangkan, di Kabupaten Aceh Selatan Puskesmas di Kecamatan ada yang tidak mempunyai dokter satu orangpun.

Termasuk tenaga perawatnya kurang.

Demikian juga halnya formasi bidang pendidikan, juga masih kurang bila dibandingkan dengan guru yang ada sekarang.

Kami dari pemerintah daerah, menunggu petunjuk dari menpan lebih lanjut, katanya.

Test seleksi CPNS di Aceh Selatan, selama sembilan hari, mulai tanggal (6-13/11/2018), di gedung serbaguna BAPPEDA Aceh Selatan.

Menurut pantauan media ini, Pengawasan seleksi tersebut sangat ketat, bahkan berlapis, contohnya sebelum memasuki ruangan ujian, terlebih dahulu di berikan pengahan oleh panitia dan setelah itu di periksa lagi oleh pihak keamanan sebelum memasuki pintu test.

Sekda Nasjuddin selaku penyelenggara tes seleksi CPNS Aceh Selatan, mengharapkan menpan bisa mencari solusi yang terbaik, katanya.

Sebelumnya cara tes kata Kabid BKPSDM Aceh Selatan, Cut Dini dan Kasie kepegawaian, Merry terlihat lagi memberikan pemaparan kepada para peserta test CPNS yang mengikuti ujian sistim online.

Adapun sistim yang diberlakukan untuk kelulusan yakni TBK 75, TIU 80 sedangkan TWK 143 sehingga menjadi salah satu aitem keberuntungan mendapat capaian kelulusan bagi peserta.

Demikian juga diterangkan Kabid pengembangan BKPSDM Aceh Selatan Cut Dini yang dihubungi secara terpisah mengatakan, jumlah peserta keseluruhan yang mengikuti tes ujian Online 4.136 orang yang mendaftar sedangkan untuk formasi Aceh Selatan 256 yang terbagi dari pada kategori dua 16 orang sedangkan 240 merupakan untuk kependidikan tenaga guru dan kesehatan serta tenaga teknis lainya. (Zulmas/iqbal)