14819 KALI DIBACA

TMMD Ke-103 Kodim 0203/Lkt Dibuka Dr Indra Salahuddin

TMMD Ke-103 Kodim 0203/Lkt Dibuka Dr Indra Salahuddin
example banner

Langkat | Bupati Langkat, H Ngogesa Sitepu diwakili Sekda Dr Indra Salahuddin, secara resmi membuka program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 di wilayah Kodim 0203/Langkat, Korem 022/Pantai Timur, Kodam I/Bukit Barisan, Senin (15/10/2018).

Acara yang digelar dengan upacara militer di Lapangan Sepak Bola Kantor Camat Wampu, Kabupaten Langkat ini, turut dihadiri Asrendam I/BB, Kolonel Inf Andre C Rumbayan, Staf Ahli Pangdam I/BB bidang Manajemen dan Sishanneg, Kolonel Inf Martohap Simorangkir, Danrem 022/PT diwakili Letkol Inf Jhonson, Dandim 0203/Langkat, Letkol Inf Deni Eka Gustiana, Dandenpom I/5 Medan, Letkol Cpm Sudarsono, para Dandim jajaran Korem 022/PT, para PJU dari Lantamal I Belawan, dan Kosekhanudnas III Medan, serta unsur Muspida Plus Kabupaten Langkat, para tokoh di masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam upacara yang diikuti 1000 lebih peserta dari tiga matra TNI, Polri, ASN Pemkab Langkat, Satpol PP, ormas, dan pelajar ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Sekdakab Langkat, Dr Indra Salahuddin, dan Komandan Upacara (Danup), Kapten Arh Utoyo yang juga Danramil 11/Tanjungpura, Kodim 0203/Langkat.

Sebelum Irup membacakan amanatnya, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat, Letkol Inf Deni Eka Gustiana yang diwakili Pasiter Kodim 0203/Langkat, Kapten Inf A Bustami membacakan sasaran fisik dan nonfisik TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat yang dimulai dari 15 Oktober-13 November 2018.

Adapun sasaran fisik meliputi:
1. Pembentukan dan perbaikan badan jalan sepanjang 5.000 x 6 meter di Desa Paluh Pakih, Kecamatan Batang
Serangan.
2. Rehab lantai jembatan ukuran 10 x 6 meter di Dusun IV, Desa Paluh Pakih, Kecamatan Batang Serangan.
3. Pembuatan jembatan beton sebanyak 3 unit, ukuran 6 x 6 meter di Desa Paluh Pakih, Kecamatan Batang Serangan.
4. Rehab Masjid Al Waqiah di Dusun III Benteng, Desa Paluh Pakih, Kecamatan Batang Serangan.
5. Rehab Masjid Baiturrahman di Dusun VIII, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu.
6. Rehab Musholla Al Jihad di Dusun VII Berseri, Desa Paluh Pakih, Kecamatan Batang Serangan.
7. Rehab TPA Al Zadtin Anhar sebanyak 3 lokal di Dusun VIII, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu.
8. Rehab TPA Ar Ridho sebanyak 2 lokal di Dusun VI Pekan, Desa Paluh Pakih, Kecamatan Batang Serangan.
9. Rehab rumah janda veteran atas nama Ibu Saodah di Dusun VI Pekan, Desa Paluh Pakih, Kecamatan Batang
Serangan.
10.Pembuatan gorong-gorong sebanyak 2 unit, ukuran 1 x 6 meter di Desa Paluh Pakih, Kecamatan Batang Serangan.
11.Pembuatan Pos Kamling sebanyak 2 unit, ukuran 3 x 3 meter di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu, dan Desa Paluh
Pakih, Kecamatan Batang Serangan.

Sedangkan sasaran nonfisik meliputi:
1. Sosialisasi penerimaan prajurit TNI.
2. Penyuluhan Bela Negara.
3. Penyuluhan Wawasan Kebangsaan.
4. Penyuluhan pertanian.
5. Penyuluhan perikanan.
6. Penyuluhan hukum, narkoba, dan Kamtibmas.
7. Penyuluhan kesehatan, pelayanan KB dan pengobatan umum gratis.
8. Ceramah agama.

Dalam laporan Pasiter juga disebutkan bahwa personel Satgas TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat sebanyak 150 orang. Terdiri dari Dansatgas dan Staf Satgas 15 orang, tim asistensi dan penyuluh 25 orang, serta kelompok SSK sebanyak 110 orang. Dengan rincian, Yon Arhanud 11/WBY 68 orang, Yon Zipur 1/DD 10 orang, Yonif 8/Marinir Tangkahan Lagan 10 orang, Lanud Soewondo Medan 10 orang, Den A Pelopor Sat Brimob Poldasu 10 orang, dan Rumkit Tk IV Binjai 2 orang.

Dalam amanatnya, Irup menjelaskan, Pemkab Langkat sangat mengapresiasi pelaksanaan TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat yang digelar di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu, dan Desa Paluh Pakih, Kecamatan Batang Serangan. Karena, program TMMD yang mengangkat tema “TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis” ini sangat membantu pemerintahan di daerah dalam upaya mempercepat pemerataan pembangunan di wilayah terisolir.

“Program TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat ini sangat berarti bagi Pemerintah Kabupaten Langkat maupun warga masyarakat di lokasi sasaran. Karenanya, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Langkat dan warga masyarakat di lokasi sasaran, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI, khususnya Komandan Kodim (Dandim) 0203/Langkat beserta jajaran,” pungkasnya.

Usai menyampaikan pidatonya, Sekdakab Langkat bersama Staf Ahli Pangdam I/BB, Dandim 0203/Langkat dan rombongan melakukan peninjauan sasaran fisik, yakni ke lokasi rehab TPA Al Zadtin Anhar sebanyak 3 lokal di Dusun VIII, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu.

Perjalanan menuju lokasi harus ditempuh dengan kendaraan off road, mengingat jalan tanah yang berlumpur dengan kubangan lumpur di sana-sini.

“Perjalanan ke lokasi sasaran fisik ini merupakan yang paling dekat. Masih ada yang lebih jauh lagi dengan waktu tempuh hampir 1,5 jam. Dan ini merupakan tantangan tersendiri bagi kita dalam merampungkan seluruh jenis pekerjaan sebelum tanggal 13 November 2018,” kata Dandim 0203/Langkat di sela-sela peninjauan.

Pada acara pembukaan TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat ini, tak hanya tarian persembahan selamat datang dan pertunjukan tarian dari anak-anak “Laskar Pelangi” yang ditampilkan, tetapi pentas musik untuk panggung hiburan rakyat. (Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS