17819 KALI DIBACA

Tantangan Apapun Takkan Buat Prajurit TNI AD Mundur Untuk Program TMMD

Tantangan Apapun Takkan Buat Prajurit TNI AD Mundur Untuk Program TMMD
example banner

Langkat | Medan yang berat ditambah cuaca tak bersahabat, menjadi potret yang sangat biasa yang terus dihadapi para prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Seperti program TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat di Desa Paluh Pakeh, Kecamatan Batang Serangan, dan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara ini, misalnya.

Di dua lokasi sasaran fisik pembangunan sarana infrastruktur TMMD ke-103 Kodim 0203/Langat ini, kondisinya sudah mirip kolam besar. Bagaimana tidak, hujan deras yang mengguyur dalam beberapa pekan terakhir, telah menyebabkan sejumlah lokasi sasaran fisik terendam air.

Alhasil, situasi yang di luar kendali ini menjadikan progres pekerjaan sedikit terkendala. Namun bukan berarti tantangan ini menyebabkan kendornya semangat para prajurit Sapta Marga, bahkan sampai undur langkah. Tidak!

“Tak ada istilah kata stop bagi prajurit TNI AD dalam menuntaskan fasilitas yang akan dimanfaatkan oleh ribuan warga masyarakat. Karena dengan adanya TMMD di kampung ini, maka perekonomian masyarakat juga akan bangkit,“ ungkap Komandan Kodim (Dandim) 0203/Langkat, Letkol Inf Deni Eka Gustiana dalam sebuah kesempatan.

Saat ini, di sejumlah titik sasaran pembangunan fisik, kondisinya masih terendam air akibat hujan deras. Topografi wilayah sasaran yang rendah, menyebabkan munculnya genangan air bila hujan mengguyur sedikit lebih lama.

“Untuk lokasi yang terendam air, kita baru bisa mengerjakannya bila telah surut. Dan agar tidak membuang waktu terlalu banyak, kita mengalihkan pekerjaan ke lokasi lain yang tidak terendam air,” kata Pasiter Kodim 0203/Langkat, Kapten Inf Bustami dalam suatu kesempatan.

Untuk diketahui, program TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat Tahun 2018 ini, tidak hanya mengerjakan sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur pada sejumlah sarana di lokasi kegiatan, tetapi juga menggelar sasaran nonfisik berupa penyuluhan, mula dari bidang hukum, pertanian, Keluarga Berencana, bahaya narkoba, dampak media sosial, dan bakti sosial.

Untuk pekerjaan fisik, berikut sasarannya:
1. Rehab Musholla Al-Jihad di Dusun VII Berseri, Desa Paluh Pakeh, Kecamatan Batang Serangan.
2. Rehab rumah janda veteran, Ibu Saodah, di Dusun VI Pekan, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan.
3. Rehab TPA Ar-Ridho sebanyak 2 lokal di Dusun VI Pekan, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan.
4. Pembuatan Pos Kamling ukuran 3 x 2 meter di Dusun VI Pekan, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan.
5. Rehab Masjid Al-Waqiah di Dusun III Benteng, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan.
6. Pembentukan dan perbaikan badan jalan sepanjang 5.000 x 6 meter di Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang
Serangan.
7. Pembuatan jembatan beton ukuran 10 x 5 meter di Dusun I, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan.
8. Rehab TPA Al-Zadtin Anhar sebanyak 3 lokal di Dusun VIII, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu.
9. Rehab Masjid Baiturrahman di Dusun VIII, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu.
10. Pembuatan Pos Kamling ukuran 3 x 2 meter di Desa Palu Pakeh, Kecamatan Wampu.
11. Rehab Musholla Al Jihad di Dusun VII Berseri, Desa Paluh Pakeh, Kecamatan Batang Serangan. (Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS