25419 KALI DIBACA

SEKDAKAB LANGKAT BUKA TMMD KE-103 KODIM 0203/LKT

SEKDAKAB LANGKAT BUKA TMMD KE-103 KODIM 0203/LKT
example banner

LANGKAT|
Program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-103 Tahun 2018 di wilayah Kodim 0203/Langkat secara resmi dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Langkat,dr. Indra Salahudin, M.Kes.MM. Upacara pembukaan yang digelar Senin (15/10/2018) bertempat di Lapangan Sepakbola Kaki Kecamatan Wampu, Kab Langkat, Sumatera Utara (Sumut)

Upacara pembukaan TMMD ke-103 dengab tema “TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis” dengan pembaca laporan Dansatgas TMMD ke-103 ang diwakili Pasiter Kodim 0203/Lkt Kapten Inf Bustami,Komandan Upacara Kapten Arh Utoyo yang sehari-harinya menjabat Danramil 11/Tanjungpura ini turut dihadiri,Staf Ahli Pangdam I/BB bidang Sishaneg Kolonel Inf Martohab Simorangkir,Asren Kasdam I/BB Kol Inf Andre Clif Rumbayan,Wakil Ketua DPRD Kab. Langkat Ralin Sinulingga,
mewakili Danrem 022/PT Letkol Inf Jhonson, Komandan Kodim 0203/Langkat Letkol Inf Deny Eka Gustiana,Komandan Kodim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin.SE.MTr (Han), Komandan Kodim 0208/Asahan Letkol Arm Suhono,Komandan Kodim 0207/Simalungun Letkol Inf Robinson Talupaddang,Komandan Kodim 0209/LB Letkol Inf Santoso.


Selain itu hadir juga mewakili Kapolres Langkat,Danlantamal I Belawan diwakili, Danyon Marinir 8 Harimau Petarung Putih Tangkahan Lagan diwakili,mewakili Danki A Brimob Binjai,Wakapolres Binjai,para Unsur Muspida Kab Langkat, para Ibu Persit jajaran Kodim 0203/Lkt,Danramil jajaran Kodim 0203/Lkt, Ibu PKK Kec Wampu,Camat Wampu Syamsul Adha. S.STP, Satpol PP Kab Langkat Tokoh Agama, Tokoh Adat,Tokoh Pemuda,FPI Kab Langkat, Ormas OKP dari Pemuda Pancasila, FKPPI,PPM, Laskar Merah Putih (LMP), pelajar SLTP dan SLTA Sederajat, Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0203/Langkat,para guru se wilayah Kec Wampu dan ratusan masyarakat setempat

Untuk peserta upacara yang mengikuti adalah 1 SSK gabungan Subdenpom, Kesrem,
1 SSK Kodim 0203/Lkt, 1 SST Yon 8 Mar, 1 SST Brimob, 1 SST Polres Langkat,1 SST Satpol PP, 1 SST ASN Kec. Wampu, 1 SSK Pelajar SLTA, SLTP dan SD dan 1 SSK Ormas

“Pemkab sangat berterima kasih kepada TNI dan jajaran, karena dengan adanya TMMD daoat membantu memajukan pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Bhakti TNI perlu didukung untuk membantu kesejahteraan rakyat dengan membantu membangun infrastruktur di wilayah terpencil dengan hasil guna untuk masyarakat di wilayah Kab. Langkat.
TMMD adalah bukti nyata kekuatan TNI – Rakyat serta ketahanan masyarakat dan negara, “tegas dr. Indra Salahudin, M.Kes.MM.


Dijelaskannya bahwa tujuan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018, selain fokus dalam kesejahteraan masyarakat, juga fokus membantu dalam mewujudkan pembangunan nasional merata.

Secara simbolis,Sekda Kab Langkat selaku Irup menyerahkan peralatan kerja yang akan digunakan dalam kegiatan TMMD kepada perwakilan masyarakat dan anggota Satgas TMMD.

“TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga, betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga, serta keterampilan, bahkan sumbangan materi,” ungkapnya.

“TMMD bukan semata-mata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi dalam TMMD juga membangun semangat dan kepercayaan diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki, serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi,” jelasnya.

Sementara itu,Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Deny Eka Gustiana menjelaskan bahwa kegiatan TMMD 103 ini akan berlangsung selama satu bulan.Satgas TMMD berjumlah 150 personel TNI dari TNI AD yakni, personel jajaran Kodim 0203/Lkt,Prajurit Yon Arhanud 11/WBY,Yon Zipur 1/DD dan Raider 100/PS, TNI AL dari Yonif 8 Marinir Harimau Petarung Putih Tangkahan Lagan dan personel Pelopor Brimob Poldasu.

“Satgas selama sebulan tinggal dirumah masyarakat atau keluarga asuh, makan dan tidur ditempatkan dirumah masyarakat dimana dilaksanakannya program TMMD, “ujar Dandim.

TMMD ke-104 di wilayah Kodim 0203/Lkt akan melakukan pekerjaan yang bersifat fisik dan non fisik di dua kecamatan yakni di Desa Paluh Pakeh Kec. Batang Serangan dan Desa Desa Mekar Jaya Kec. Wampu Kab. Langkat, Sumut.

Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Deny Eka Gustiana mengatakan pelaksanaan TMMD ke 103 diwilayah dua kecamatan tersebut dapat berjalan sukses dan hasilnya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

“Melalui program TMMD ini kita bangun infrastruktur di dua kecamatan guna meningkatkan tingkat perekonomian taraf hidup masyarakat dan mendukung pembangunan merata, “tegas Dandim.

Dandim juga berharap apa yang dikerjakan para Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 dapat berjalan lancar sesuai harapan dan hasilnya bisa dimanfaatkan warga setempat.

“Kita (TNI)mohon do’a dan dukungan dari masyarakat agar pelaksanaan TMMD di dua kecamatan berjalan lancar,karena tanpa dukungan dari masyarakat pekerjaan tidak akan tuntas, “pungkas Dandim.

Hal senada juga diungkapkan Camat Wampu Syamsul Adha. S.STP apresiasi dengan adanya kegiatan TMMD diwilayah tugasnya itu. Dirinya bangga dan salut kepada TNI, khususnya Dandim 0203/Lkt karena telah memilih lokasi TMMD di wilayah tugasnya.

“Apa yang dilaksanakan TNI di wilayah kerja saya sangat didukung masyarakat, untuk itu saya juga berharap agar seluruh pekerjaan yang diprogram dalam TMMD disini berjalan lancar, “harapnya.

Pria yang dua tahun menjabat Camat Wampu ini menambahkan bahwa dirinya bersama staf dan seluruh perangkat kecamatan sangat mendukung program TMMD demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau bisa pun TMMD dilaksanakan disini terus biar semakin maju wilayah Kecamatan Wampu, “imbuhnya.

Adapun program TMMD ke-103 yang dilaksanakan Kodim 0203/Lkt sejak 15 Oktober hingga 15 November 2018 mendatang adalah untuk pengerjaan sasaran fisik di wilayah Desa Mekar Jaya Kecamatan Wampu yakni,Rehab Masjid Baiturrahman di Dusun VIII,rehab TPA Al-Zadtin Anhar sebanyak 3 lokal di Dusun VIII dan Pembuatan Pos Kamling ukuran 3M x 2M.

Sedangkan sasaran fisik di Desa Palu Pakih Kec Batang Serangan Langkat adalah pembentukan dan perbaikan badan jalan sepanjang 5.000M x 6M di Desa Palu Pakeh,rehab lantai jembatan ukuran 10 Mx6M,pembuatan 3 unit jembatan ukuran 10 M x 5 M,rehab Masjid Al-Waqiah di Dusun III Benteng ,rehab Masjid Baiturrahman di Dusun VIII,merehab Musholla Al-Jihad di Dusun VII Berseri,rehab TPA Ar-Ridho sebanyak 2 lokal di Dusun VI Pekan, rehab rumah janda veteran Ibu Saodah di Dusun VI Pekan, pembuatan gorong-gorong ukuran 1 M X 6 di dua lokasi dan pembuatan Pos Siskamling ukuran 3 M X 2 M

Dan untuk program non fisik adalah sosialisasi penerimaan prajurit TNI, peyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan peternakan, penyuluhan hukum, narkoba dan kamtibmas,peyuluhan kesehatan, pelayanan KB, dan pengobatan umum gratis serta
ceramah agama.

Upacara pembukaan ini dimrriahi Tarian Kolosal Sahabat Alam dari Sanggar Pratama PKK Kab. Langkat asuhan Edy Syahputra dan srlanjutnya Sekdakab Langkat bersama Staf Ahli Pangdam dan Kasdam melaksanakan peninjauan sasaran fisik. (Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS