13119 KALI DIBACA

Membantu Pemerintah Membangun Daerah Tertinggal TNI Ikut Bertanggung Jawab dengan Program TMMD

Membantu Pemerintah Membangun Daerah Tertinggal TNI Ikut Bertanggung Jawab dengan Program TMMD
example banner

Langkat | Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018, merupakan satu kegiatan yang perlu mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk oleh Pemerintah Daerah.

Karena, salah satu tujuan program TMMD adalah membantu pemerintah di daerah dalam mengakselerasikan atau mempercepat proses pembangunan pada kawasan yang terpencil, tertinggal maupun terisolir, sehingga hasil pembangunan nantinya bisa pula mendongkrak derajat kesejahteraan masyarakat yang ada di lokasi sasaran.

Selain itu, program TMMD yang terus digulirkan TNI AD sejak masih bernama AMD (ABRI Masuk Desa), secara nyata telah berhasil mengobarkan kembali semangat gotong royong yang merupakan jati diri bangsa Indonesia. Karena, esensi dari TMMD adalah membangun bangsa dengan cara bekerja bersama secara bahu membahu.

Seperti program TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat yang kini tengah digelar di Desa Paluh Pakeh, Kecamatan Batang Serangan, dan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, misalnya.

Menurut Komandan Kodim (Dandim) 0203/Langkat, Letkol Inf Deni Eka Gustiana, melalui program TMMD ke-103 ini, TNI AD kembali ditugaskan oleh Komando Atas untuk ikut membangun infrastruktur di daerah terisolir bersama dengan pemerintah daerah setempat.

“Melalui TMMD, TNI AD secara tegas menyatakan ikut bertanggungjawab membantu pembangunan di daerah terpencil melalui kerja sama dengan pemerintah daerah di mana lokasi kegiatan digelar,” katanya.

Dijelaskan abituren Akmil 1999 ini lagi, program TMMD tidak hanya membantu pemerintah di daerah menyebarluaskan pemerataan pembangunan di kawasan terpencil, tetapi ikut pula meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Seperti yang sekarang kita lakukan di Desa Paluh Pakeh dan Desa Mekar Jaya ini. Kita berharap, seluruh hasil pembangunan sarana infrastruktur yang ada nantinya, bisa dijaga dan dirawat keberadaannya oleh masyarakat setempat, sehingga masa pakainya akan lebih tahan lama,” pungkas Letkol Deni yang juga Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat. (Red)

Dengan TMMD, TNI AD Gugah Rakyat Ikut Berpartisipasi Melakukan Pembangunan

Langkat | Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan TNI AD dengan terjun langsung ke desa-desa, secara nyata telah berhasil menggugah kepedulian warga masyarakat untuk ikut berpartisipasi melakukan pembangunan.

Karena, selama ini pun tidak ada aktifitas yang diprogramkan oleh TNI yang hanya dilakukan secara sendiri, tetapi senantiasa ikut melibatkan masyarakat, sehingga selalu mendapat dukungan dan partisipasi masyarakat.

Seperti program TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat di Desa Paluh Pakeh, Kecamatan Batang Serangan, dan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara ini, misalnya.

Di dua lokasi sasaran fisik pembangunan sarana infrastruktur TMMD ke-103 Kodim 0203/Langat ini, saban hari ditemukan adanya beberapa anggota masyarakat yang ikut membantu pekerjaan yang dilakukan personel TNI AD.

“Sudah pastilah kita ikut membantu pekerjaan bapak-bapak TNI ini. Karena, apa yang dikerjakan bukan untuk siapa-siapa, tetapi untuk warga di desa ini juga, sehingga kelewatanlah kalau kami tidak ikut membantu,” kata Suroto, warga Desa Paluh Pakeh.

Senada dengan itu, Komandan Kodim (Dandim) 0203/Langkat, Letkol Inf Deni Eka Gustiana menegaskan, partisipasi warga masyarakat di lokasi sasaran pekerjaan fisik memang sangat diperlukan. “Selain untuk membantu percepatan proses pekerjaan, keikutsertaan warga juga menjadi simbol dari terwujudnya Kemanunggalan TNI-Rakyat,” katanya.

Dandim juga berpesan, agar hasil pembangunan yang telah dikerjakan secara bergotong royong antara prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat dengan warga masyarakat, bisa dijaga dan dirawat.

“Kita berharap, seluruh hasil pembangunan sarana infrastruktur yang ada nantinya, bisa dijaga dan dirawat keberadaannya oleh masyarakat setempat, sehingga masa pakainya akan lebih tahan lama,” pungkas Letkol Deni yang juga Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat ini. (Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS