32819 KALI DIBACA

Polda, BIN Hingga Kementerian Dirikan Posko Bantuan Untuk Korban Gempa Sulteng

Polda, BIN Hingga Kementerian Dirikan Posko Bantuan Untuk Korban Gempa Sulteng
example banner

Makassar | Realitas – Kepolisian Polda Sulawesi Barat (Polda Sulbar) membuka posko kesehatan bagi korban gempa Donggala dan Palu.

Selain itu berbagai bantuan kemanusian juga datang dari berbagai pihak termasuk kementerian.

Kabid Dokkes Polda Sulbar AKBP Dr Syamsul Bahar, mengaku, pihaknya juga membentuk posko pelayanan kesehatan untuk mendukung layanan rumah sakit, penatalaksanaan DVI, demi menampung korban hidup maupan meninggal.

“Kami juga terut menyertai berupa makanan dan obat-obatan untuk para korban bencana alam tersebut,” Dokter Syamsul kepada Okezone, Senin (1/10/2018).

Lebih lanjut, Syamsul mengatakan, kondisi saat ini di Donggala dan Palu Sulteng sangat para dimana rumah penduduk rata dengan tanah, porak-poranda dan banyak korban berjatuhan.

Dr Syamsul berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia, agar musibah ini cepat berlalu dan korban tidak lagi bertambah.

“Saudara-saudara kita saat ini sangat butuh bantuan, sekecil apapun bantuan yang diberikan akan sangat mambantu,” harap Syamsul.

Terpisah, Kabid Humas AKBP Mashura mengatakan Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar juga terjun langsung kelokasi gempa dan tsunami dengan membawa sejumlah bantuan.

Dikatakan Mashru Kapolda dan rombongannya juga membantu memperbaiki akses jalan yang sempat terputus dan membantu membersihkan puing-puing reruntuhan pasca gempa dan tsunami.

“Alhamdulillah melalui pembantukan Posko layanan kesehatan ini, ratusan masyarakat yang terluka telah kami layani serta telah mengevakuasi para korban (jenazah) untuk selanjutnya dimakamkan,” kata Mashura.

Sementara Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Selatan turut membantu korban gempa dengan mengirim bantuan ke Palu dan Donggal, Sulawesi Tengah.

Kepala BIN Daerah Sulsel, Brigjen TNI Wing Handoko mengatakan sebanyak enam truk menyuplai bahan makanan ke wilayah bencana gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

“Pengiriman bahan makanan antara lain berupa susu, mie instan, biskuit dan air mineral.

Pengiriman difasilitasi pihak Lanud Sultan Hasanuddin,” kata Handoko saat ditemui di base ops Lanud Sultan Hasanuddin.

Hal tersebut, kata Handoko, untuk membantu meringankan beban para keluarga maupun korban gempa.

Truk yang mengangkut bahan makanan itu di serahkan sepenuhnya ke pihak Komandan Lanud untuk menerbangkannya ke Palu.

“Malam ini kami titipkan logistik berupa bahan makanan sebanyak enam truk.

Mungkin hari ini diterbangkan atau besok dengan Hercules,” tuturnya. (okezone/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS