76819 KALI DIBACA

Aktualisasi Latsar CPNS, Hasilkan Sawi Untuk Kebutuhan WBP Rutan Bener Meriah.

Aktualisasi Latsar CPNS, Hasilkan Sawi Untuk Kebutuhan WBP Rutan Bener Meriah.
example banner

Bener Meriah | Realitas – Sejak bangunan Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bener Meriah dioperasionalkan tahun 2017 sebagai tempat penahan dan menjalani pidana bagi tahanan dan narapidana, kini suasana Rutan di negeri dingin tersebut mulai berbenah diri memanfaat sumber daya yang ada dalam melaksanakan pembinaan di bidang pertanian bagi warga binaan.

 

Salah satu hasil karya dan kerja keras Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam mengaktualisasikan proyek perubahan saat mengikuti Latihan Dasar CPNS tahun 2018, berhasil mewujudkan keterampilan mandiri bagi narapidana dibidang pertanian dengan memanfaatkan lahan berbatu dalam area Rutan Bener Meriah yang dikelola sedemikian rupa hingga menghasilkan sayuran segar berupa sawi hijau.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bener Meriah Baharuddin, SH beserta staf pada hari Jumat (5/10/2018) melakukan panen perdana sayuran sawi hasil aktualisasi Latsar CPNS Rutan Bener Meriah dengan memanfaatkan sumber daya manusia (WBP) dan sumber daya alam (lahan pertanian) di dalam area Rutan.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bener Meriah Baharuddin, SH yang didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan Sayed Misran, SH membenarkan bahwa lahan bercocok tanam dalam area blok dimanfaatkan oleh CPNS kita dalam rangka aktualisasi proyek perubahan Latsar yang dijadikan sebagai program kerja pembinaan narapidana Rutan Bener Meriah, ujar Baharuddin disela-sela panen perdana sayur sawi.

Ditempat yang sama Kasubsi Pelayanan Tahanan Sayed Misran, SH yang menjadi mentor bagi CPNS an. Adek Darmawan, dkk mengatakan bahwa dalam rangka pembinaan keterampilan bagi narapidana dibidang pertanian masih mengalami kendala masalah lahan pertanian bebatuan dan mengandung pasir, oleh karena itu upaya yang dilakukan selama ini adalah mencampur tanah dengan kompos agar tumbuhan sawi cepat subur, jelas Sayed Misran.

Sayed Misran menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai uji coba untuk usaha mandiri warga binaan dan hasilnya untuk memenuhi kebutuhan penghuni Rutan dan belum dipasarkan, kita juga menanam timun, tomat, cabai dan sayur bunga kol, tapi tidak banyak sebagai uji coba aktualisasi hasil Latsar adik-adik CPNS, ujar Sayed Misran sambil menyebut nama CPNS yang melakukan budidaya pertanian tersebut antara lain Adek Darmawan, Reza Ariwandana, Novriandi, Ihwani.

Sedangkan warga binaan yang dibina dan dipekerjakan pada lahan pertanian tersebut terdiri dari Zulfina Bin Ibrahim, M. Bantawai Bin Nurdin, Martunis Bin Arnis dan Zakiansyah Bin Syukur Husin, pungkas Sayed. ( H A Muthallib)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS