186219 KALI DIBACA

Aceh Selatan Dilanda Runtuhan Gunung Dan Banjir

Aceh Selatan Dilanda Runtuhan Gunung Dan Banjir
example banner

Tapaktuan I Realitas – Akibat hujan lebat akhir-akhir ini hingga pukul 20.00 WIB Jumat (12/10/2018) mengakibatkan longsor tanah gunung dan juga banjir.

Runtuhnya atau longsor tersebut bukannya di hutan, tapi pergunungan lintasan Tapaktuan-Blangpidie, bertepatan di sisi jalan negara. Akibat dari itu, sejumlah masyarakat yang berdomisili disisi gunung tersebut, menjadi resah.

Seperti runtuhnya gunung beserta banjir yang berlumpur itu, pada kawasan Mapolsek Kecamatan Samadua diperkira sekitar 8 Km dari pusat kota kabupaten Aceh Selatan yaitu Tapaktuan.

Kemudian di kawasan gunung Gampong Blang Kuala Kecamatan Meukek, Desa Tring Meuduro Kecamatan Sawang.

Longsornya gunung dipinggir jalan negara itu disebabkan ulah pekerjaan proyek tidak matang program (bukan proyek asal jadi-red), kemudian pengambilan batu gajah tanpa pengawasan dari pihak berkompeten dalam kabupaten tersebut.

Buntut dari itu, bukan saja banjir juga kesulitan pengguna jasa jalan negara Sukar melewati, karena selain air besar juga licin dengan tanah galian yang tumpah kejalan negara.

Salah seorang memilik warong nasi dan kopi pada kawasan Air Dingin tepatnya pada perbatasan Kecamatan Samadua dan kecamatan Sawang, Jamudin kepada media ini, Jumat (12/10/2018) sore terjadinya longsor dengan material batu dan batang kayu itu membuat sejumlah kenderaan harus hati-hati bila tidak demikian bisa menimbulkan korban kecelakaan.

Demikian juga kejadian pada kawasang gampong Ladang Kasik Pitih juga di kawasan Mapolsek Kecamatan Samadua, termasuk pulihan rumah warga superbekstra melakukan gotong royong melakukan penyelamatan bahan prabot rumah tangga masing-masing.

Akibat banjir tersebut salah seorang anggota Polsek Samadua, ikut terjerambat kedalam parit, karena air yang menggenang yang menutupi jalan bercampur tanah.

Kepala Badan Penanggulangan bencana Daerah Aceh Selatan, Cut Sazalisma, mengatakan material longsor dalam proses pembersihan oleh anggota BPBD termasuk masyarakat masing-masing rumah disekitar tempat kejadian, harus melakukan rumahnya pula.(Mr. Zulmas)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS