68219 KALI DIBACA

KIP Singkil Gelar Deklarasi Kampanye Damai Berintegritas

KIP Singkil Gelar Deklarasi Kampanye Damai Berintegritas
example banner

Aceh Singkil I Realitas – Komisi Pemilihan Indenpenden (KIP) Aceh Singkil selenggarakan Deklarasi Kampanye Damai Berintegritas di Lapangan Daulat Desa Pasar Singkil Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Minggu, (23/9/2018).

Ikrar Deklarasi tersebut dipandu ketua KIP Aceh Singkil, dihadiri 14 dari 16 Parnas dan Parlok Peserta Pemilu serentak tahun 2019, beserta pelaksana kampanye dan para pendukung, dengan semangat persatuan dan persaudaraan, berjanji kepada masyrakat Kabupaten Aceh Singkil:

1. Menjungjung tinggi Pancasila, Undang-undang Dadar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Siap menciptakan pemulu serentak tahun 2019, yang berintegritas, tertb, aman dan damai.
3. Menolak kampanye hitam, Hoaks, Politisasi sara dan Politik uang.
4 Tunduk dan patuh terhadap hukum dan yang berlaku.
5. Menyampaikan isi deklarasi kepada seluruh pendukung untuk di pedomani dan dilaksanakan.

Deklarasi ditnda tangani seluruh Pimpinan seluruh unsur pimpinan parpol peserta pemilu 2019, tim pelaksana kampanye Presiden dan Wakil Presiden, juga turut menanda tangani Unsur Forkopimda Aceh Singkil dan ketua KIP serta Panwaslu, disaksikan puluhan calon anggota legislatif Kabupaten Aceh Singkil.

Ketua KIP Aceh Singkil Edi Sugianto dalam sambutannya, mengatakan tahapan Kampanye dalam pesta Demokrasi Pemilu, untuk memilih anggota DPR RI, DPD, DPRA, DPRK dan memilih Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, tahapannya sudah mulai berjalan.

Edy Sugianto menyebutkan, Kampanye adalah merupakan ajang bagi peserta Pemilu untuk beradu ide dan gagasan.

Berlomba-lomba meyakinkan masyarakat pemilih bahwa partai atau calon yang didukungnya adalah yang terbaik dan layak untuk dipilih.

Sepanjang ide dan gagasan yang disampaikan kepada masyarakat, baik itu lewat Kampanye tatap muka, alat peraga, seperti Spanduk, Baliho, Rapat Umum/Kampanye Akbar, media massa, media Sosial dan lain-lain adalah merupakan ide dan gagasan yang produktif untuk menarik perhatian pemilih.

Namun ketatnya persaingan untuk meraih simpati dan dukungan masyarakat itu, kadangkala tanpa disadari membuat konstituennya terpeleset menggunakan cara-cara yang justru dapat menimbulkan gesekan antara satu dengan yang lainnya misal dengan menyebarkan berita Hoax melalui media massa dan media sosial yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan menyerang dan menjatuhkan elektabilitas lawan politiknya.

Dalam kesempatan itu, Edi Sugianto menyampaikan,” Dikutip dari Bapak Proklamator kita Ir Sukarno pemilu jangan menjadi tempat pertempuran atau perjuangan kepartaian yang dapat memecah persatuan bangsa indonesia,” ujarnya.

Untuk itu, sambungnya melalui Deklarasi Kampanye damai yang dilaksanakan secara serentak pada 17 April 2019 mendatang, pihak KIP Kabupaten Aceh Singkil selaku penyelenggara Pemilu mengajak kita semua satukan tekat kita untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang damai dan bermartabat.

Kapolres Aceh Singkil AKBP Andrianto Argamuda dalam kesempatan itu dalam sambutannya mengajak semua kalangan mencerdaskan Aceh Singkil, tampilkan sikap prilaku terbaik.

“Mari kita tinggalkan praktek bersifat negatif tanpa menebar Hoax yang mengandung berita Fitnah dan bohong dan tanpa SARA yang bisa menghasut mengombang ambingkan kegaduhan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Dalam hal ini, kata Andrianto, Kapolres Siap mengawal pesta Demokrasi di Aceh Singkil yang Insya Allah kita matangkan dan tinggal pelaksanaannya.

“Kepada para Calon Legislatf mari kita sukseskan Pileg dan Pilpres dengan aman dan lancar tanpa adanya saling menghujat dan mari kita semua mengemban tugas sesuai dengan porsinya masing masing, insya Allah Pemilu 2019 akan lancar, “ujarnya.

Selumnya Bupati Aceh Singkil yang disampaikan Sekdakab Aceh Singkil Drs Azmi, dalam sambutanya minta kepada semua masyarakat untuk ikut berpartisipasi Kampanye Deklarasi damai, jangan mudah terpengaruh isu Hoax dan SARA yang belum jelas kebenarannya. (Rostani)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS