29219 KALI DIBACA

Jemaah Haji Khusus Indonesia Sudah Dipulangkan Ke Tanah Air

Jemaah Haji Khusus Indonesia Sudah Dipulangkan Ke Tanah Air
example banner

Jakarta | Realitas – Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) telah memulangkan seluruh jemaah haji khusus Indonesia. Jumlah jemaah dan petugas yang meninggalkan Arab Saudi sebanyak 16.814 orang atau 99,8 persen dari jemaah haji khusus yang tiba di Arab Saudi.

Jumlah keseluruhan jemaah haji adalah 16.840 orang.

Angka itu termasuk satu orang jemaah PT Primas (Kosorsium PT. Dewi Serasi) yang wafat di atas pesawat sebelum mendarat di Tanah Air dan masih bisa bertambah karena masih terdapat 5 jemaah yang menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Empat dari jemaah yang sakit di rawat di Madinah, sedangkan satu orang dirawat di Makkah.

Sementara itu, 21 orang jemaah haji khusus meninggal dunia selama di Arab Saudi.

“Kita bersyukur bahwa proses pemulangan jemaah haji khusus telah selesai, meskipun kita tetap berharap bahwa kelima jemaah yang sakit dapat segera dipulangkan ke tengah keluarga mereka.

Kita bersyukur karena secara umum proses pemulangan relatif lancar,” ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Airport Arsyad Hidayat di Madinah, seperti dilansir dari laman www.haji.kemenag.go.id, Jumat (14/9/2018).

Meski demikian, Arsyad berharap PIHK tidak berpuas diri dengan suksesnya penyelenggaraan haji khusus tahun ini.

Menurutnya, masih banyak sisi yang perlu ditingkatkan, misalnya mengenai handling barang bawaan.

Lebih lanjut, Arsyad berpesan agar ke depan PIHK dapat memperkuat tim handling, supaya kasus tercecernya barang bawaan dapat diminimalisir.

“Kami mengapresiasi keberadaan tim handling asosiasi yang sangat membantu para anggotanya, bukan hanya mengurusi masalah handling, tetapi juga mengarahkan pada jemaah haji di bandara dan penghubung dengan petugas Daker Airport,” ucapnya.

“Masalahnya tidak semua asosiasi mempunyai tim handling, dan bahkan tidak semua PIHK bersedia menggunakan tim handling yang disiapkan oleh asosiasi.

Ini disayangkan karena keberadaan mereka cukup membantu,” sambung Arsyad. (lp6/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS