42619 KALI DIBACA

Jalan Lintas Antar Kecamatan Di Abdya Rusak Parah

Jalan Lintas Antar Kecamatan Di Abdya Rusak Parah
Foto : Realitas/Syahrizal Jalan lintas penduduk antara Desa Gudang, Kecamatan Blangpidie, menuju Desa Cot Mancang, Kecamatan Susoh, Abdya, rusak parah. Senin (24/9/2018)
example banner

Blangpidie | Realitas – Jalan lintas penduduk sepanjang kurang lebih empat kilometer antara Desa Gudang, Kecamatan Blangpidie, dengan Desa Cot Mancang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), sulit dilalui kendaraan karena rusak parah.

Sebelumnya, jalan itu sudah pernah di aspal sekitar 28 tahun yang lalu dengan jenis aspal lapen.

Seiring berjalannya umur aspal yang melekat pada badan jalan itu ditambah beratnya beban kenderaan yang melintas, maka lapisan aspal jadi terkelupas dan merusak tekstur jalan.

Parahnya lagi saat kawasan itu dihantam banjir luapan dari anak sungai, yang bermuara ke Rubek Meupayoung, Kecamatan Susoh.

Dengan seketika, air mengeruk aspal tersebut hingga lenyap tidak berbekas.

Dampak lainnya, sejumlah lubang dan tonjolan batu kecil menghiasi badan jalan yang setiap saat mengancam keselamatan pengguna jalan.

“Jalan ini memang sudah parah dan perlu diaspal kembali dengan kualitas yang super kuat.

Kalau hanya polesan saja, maka akan rusak kembali karena sering dilanda banjir,” kata Alwi, Senin (24/9/2018) warga desa setempat yang sedang melintasi jalan tersebut dengan perlahan.

Dirinya mengaku sempat beberapa kali hampir naas diatas badan jalan itu, kendaraan yang dinaikinya tiba-tiba terperosok kedalam lubang, namun beruntung dirinya tidak menciptakan luka serius.

“Tidak sedikit korban sudah berjatuhan saat melintasi jalan ini.

Kebanyakan korban dari kaum ibu-ibu yang mengendarai sepeda motor.

Bahkan, ada korban satu keluarga berboncengan dengan anak bayi jatuh, ayahnya patah kaki, ibunya lecet-lecet.

Untung bayi mereka selamat, tidak lecet sedikitpun,” sebut Alwi.

Agus, warga lainnya berharap, pemerintah segera memperbaiki jalan yang harinya dilalui ribuan penduduk itu, agar nyaman dilalui dan tidak memakan korban lagi.

“Harapan kami tidak banyak, hanya meminta perbaikan jalan saja agar tidak sulit untuk dilalui,” katanya singkat.

Terkait hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Abdya, Muhibbudin ST yang dimintai keterangannya melalui ponselnya, kepada wartawan mengatakan, jalan itu dikerjakan tahun ini (2018), dengan anggaran sebesar Rp 5,2 miliar, sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018.

“Jalan tersebut segera di bangun dalam tahun ini.

Insya Allah secepatnya, jadi warga tolong bersabar,” tuturnya singkat. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS