66019 KALI DIBACA

Dua Pengusaha Taufik Terima Sertifikat Merek 

Dua Pengusaha Taufik Terima Sertifikat Merek 
example banner

Banda Aceh I Realitas – Dua Pengusaha Taufik Terima Sertifikat Merek 

Direktur Merek dan Indikasi Geografis Fathurrahman, SH. MH dalam kunjungan kerjanya di Banda Aceh menyerahkan Sertifikat Merak kepada dua pengusaha muda bidang kuliner yang sama-sama bernama Taufik, Minggu malam (16/9/2018).

Pemberian Sertifikat Merek untuk rumah makan Spesifik Aceh kepada saudara Taufik, SH yang beralamat di Jalan Banda Aceh Medan KM 5 Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar, serta Sertifikat Perpanjangan Jangka Waktu Perlindungan Merek Terdaftar untuk usaha Taufik Kopi kepada saudara Taufik beralamat di Jalan A. Rani Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh.

“Pemberian Sertifikat Merek Dagang kepada kedua pengusaha kuliner tersebut sesuai dengan UU Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek dan UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis,kedua merek dagang tersebut telah didaftarkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI sejak tahun 2016 dan berlaku selama 10 (sepuluh) tahun,”ujar Direktur Merek dan IG  Fathurrahman, SH. MH.

“Pendaftaran Merek Dagang perlu dilakukan untuk melindungi pemegang Merek dalam hal perdagangan produk atau barang tertentu, sehingga bila terjadi pemalsuan pihak Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dapat mengambil tindakan hukum sebagaimana diatur dalam UU Merek,”tambahnya.

Disinggung tentang upaya pemalsuan atau tiruan sertifikat merek oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, Fathurrahman mengatakan “saat ini tidak mungkin dilakukan pemalsuan sertifikat karena pada setiap sertifikat merek dagang telah ada barcodnya, sehingga apabila ada pemalsuan sertifikat merek dagang oleh pihak lain dapat diketahui dari sertifikat tersebut asli atau tidak karena ada balcodnya,”tegas Fathurrahman.

Penyerahan Sertifikat Merek tersebut bertempat di Hotel Hermes Banda Aceh turut disaksikan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum Sasmita, Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkuman Aceh Meurah Budiman.

Kepada media ini Kepala Divisi Pelayanan Hukum Sasmita menghimbau pada masyarakat dan dunia usaha untuk secepatnya melakukan pendaftaran merek agar mendapat perlindungan hukum sehingga merek dagang atau usaha yang sudah maju dan terkenal tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab,tutup Fathurrahman,(ade).

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS