Semarak Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Aceh Timur

oleh -170.579 views

Aceh Timur I Realitas –  Semarak Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Aceh Timur

Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, SIK, MH pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 73, Upacara digelar di Lapangan Pusat Pemerintah Kabupaten setempat, Jumat (17/08/2018).

Pengibaran Bendera Merah Putih dilanjutkan dengan anjangsana ke Cabang Rutan Idi yakni, kegiatan penyerahan Remisi kepada Narapidana Cabang Rutan Idi dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke 73.

Kepala Lapas Kelas II Cabang Idi, Efendi SH, dalam sambutannya menyampaikan, “bahwa hari ini jumlah warga binaan Rutan Idi sebanyak 460 orang,namun kapasitas rutan idi hanya 150 orang saja,rata-rata warga binaan rutan idi sebanyak 85 persen tersandung kasus narkotika dan disusul kasus undang-undang perlindungan anak, pencucian uang serta kriminal lainnya,” ungkap Efendi.

Ia menambahkan sehubungan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 73 pada hari ini ada warga binaan yang mendapatkan remisi umum tahun 2018, warga binaan yang mendapatkan remisi umum tahun 2018 sebayak 165 orang yaitu 162 orang mengurangi masa hukuman dan 3 orang bebas bersyarat pada hari ini.

Usai anjangsana ke Rutan Idi, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Pawai Karnaval dalam rangka memperingati Hut Kemerdekaan RI ke-73.

Pelepasan berlangsung dihalaman Pendopo Idi,pelepasan tersebut dilaksanakan oleh Usman A Rachman, SH, SP Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan Stdakab Aceh Timur.

BACA JUGA :   Buaya meresahkan Warga Pulau Banyak Barat, Kapolres Merespon Untuk Ditangkap

Usman A Rachman, SH, SP Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan mewakil bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH dalam sambutannya mengatakan “hari ini terlihat tingginya antusias para pelajar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke – 73 di Kabupaten Aceh Timur dengan harapan dapat menanamkan jiwa nasionalisme, cinta tanah air dan semangat juang bagi para pelajar serta masayarakat di Aceh Timur,”ungkapnya.

“Kegiatan ini merupakan suatu bentuk syukur kita atas kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 73 dan semoga kita semua mampu mewujudkan cita-cita pendiri bangsa ini untuk menggapai kemakmuran bangsa,mudah mudahan dengan adanya kegiatan Pawai Karnaval ini dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam membangun bangsa yang lebih baik,” tambahnya.

Inspektur Upacara Kajari Aceh Timur, Abun Hasbulloh, SH, MH pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke – 73 pada pukul 17:00 Wib.

Dilanjutkan dengan acara Resepsi Kenegaraan Memperingati HUT, berlangsung di gedung serbaguna pendopo Idi, pada pukul 09:00 Wib.

Rangkaian kegiatan diantaranya, Jamuan makan malam, Pembagian hadiah kepada peserta pawai dan Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam memeriahkan HUT RI Ke 73.

Drs zahri M. AP Plt Sekretaris Daerah Aceh Timur mewakili Bupati Aceh Timur meyampaiakan “Malam ini kita patut bersyukur serta berbahagia, karena pada hari ini kita telah Bersama-sama mengikuti dan memperingati hari ulang tahun proklamasi Republik Indonesia ya ke 73,secara historis erat kaitannya dengan perjuangan bangsa kita terutama para pendahulu kita yang telah bersusah payah berjuang untuk merebut kemerdekaan serta jasa para pahlawan kita,”ujarnya.

BACA JUGA :   Setelah Dilaporkan Oleh YARA Langsa: Palsukan Dokumen Nasabah, Oknum Pegawai BSI Ditangkap Polres Aceh Timur

Lebih lanjut dikatakan, maka dari itu peringatan upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang kita laksanakan bukan dimaksud hanya sebatas acara seremonial belaka,namun peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik ini menjadi repleksi bagi kita semua untuk membangun negeri, mengisi kemerdekaan yang telah diraih dengan melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara kita,” tutur Drs Zahri.

“Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ini menjadi sebuah tantangan bagi kita semua untuk lebih memahami serta mengisi kemerdekaan demi terwujudnya masyarakat adil dan makmur,ntuk Kabupaten Aceh Timur yang kita banggakan ini,” demikian tutup Drs. Zahri.

Turut hadir dalam serangkaian Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Aceh Timur PLT Sekda Aceh Timur Drs. Zahri M.AP, Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro Sik, MH, Kajari Idi Abun Hasbulloh, SH, MH, Wakil Ketua II DPRK Aceh Timur Fraksi Partai Nasdem M. Nur, Spd, Asisten II Usman A. Rachman, SH, SP, Asisten III M. Amin, SH, Ka Lapas Kelas II Cabang Idi Efendi SH, Kabag Ops Polres Kab. Atim a.n. Kompol Raja Gunawan SH dan para SKPK serta Kabag dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur,(Hasbi Abubakar/ade).