HASIL REKAPUTULASI KIP:Paslon AZAM Pimpin Pilkada Aceh Selatan Tahun 2018

oleh -153.579 views
oleh

Tapaktuan I Realitas-Setelah diselenggarakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan, hasil Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) tahun 2018, bupati/wakil bupati. “Paslon Azwir-Amran julukan AZAM pimpin kemenangan mutlak”.

Acara terserbut berlangsung di gedung Rumoh Agam, jalan Nyak Adam Kamil Tapaktuan, Rabu (4/7/2018) yang dihadiri Pj Bupati Aceh Selatan Dedy Yuswadi, AP, Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono, ST, Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto, Kajari Asel Munif, SH. MH, Ketua KIP Khairunis Absyir serta anggota, Ketua Panwaslih Hendra Saputra/anggota dan Ketua DPRK Aceh Selatan, Zulhelmi.

Selain itu ikut hadir, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta anggota terdiri dari 18 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan, termasuk saksi-saksi pada tujuh paslon.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Aceh Selatan tahun 2018, langsung dipimpin Ketua KIP Aceh Selatan, Khairunis Absyir didampingi komisari KIP, dimulaiĀ  pukul 11.00 WIB itu, dimulai dari Kecamatan Trumon Timur hingga Kecamatan Pasie Raja tepat pukul 13.00 WIB dan rapat diskor hingga pukul 14.00 WIB.

Namun pukul 14.30 WIB rapat pleno terbuka dimulai kembali dan berakhir pukul 14.00 WIB berlangsung, aman, yertib, aman dan terkendali.Prosesi itu dikawal ketat oleh pasukan Polisi dan TNI.

BACA JUGA :   Sukses Silaturahmi Ramadhan, Ketua PWI Aceh: Terima Kasih untuk Semuanya

Setelah rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilihan bupati dan wakil Aceh Selatan, hasilnya pasangan Azwir-Amran (AZAM) nomor urut (2), unggul 13 kecamatan, dengan jumlah suara yang diperoleh, 46.667 suara, kemudian disusul oleh paslon Sama indra-Harmaini (Pasangan putih) dengan urut (5), proleh suara, 37.608 suara, selisih suara, dengan urut dua, 9.059 suara. Dan paslon Mirwan-Zirhan (MIRAH) urut (6) meraih 33.972 suara menguasai 4 kecamatan dan nomor urut (5) hanya menang satu kecamatan.

Sementara paslon Husen-Musafril nomor urut (1), proleh suara, 5.799 suara, Zulkarnaini-M. Jasa, 1.396 suara, Darman-Baital Makmur dengan nomor urut (4) proleh suara 1.454 suara dan paslon urut nomor paslon (7) Karman-Afdal Yasin, berhasil memproleh suara 3.284 suara.

Dalam hal hal tersebut dari jumlah surat suara sebanyak, 131.685 suara, kemudian surat suara yang sah sebanyak 130.180 dan surat suara tidak sah, 1.535.

Kemudian Ketua KIP Aceh Selatan, Khairunis Absyir, setelah penandatanganan berkas tersebut, ia memberikan kesempatan terhadap PPK dan saksi masing-masing paslon, bila ada kejanggalan perhitungan dipersilakan untuk mengoreksi. Namun semuanya sudah setuju hasil tersebut.

BACA JUGA :   Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek SPBU

Menurut Khairunis, hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara masing-masing paslon, dengan segera mengirimkan hasil itu pada tujuh paslon. Dan bila ada paslon yang keberatan hasil tersebut silakan mengajukan.

“Penetapan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Aceh Selatan tahun 2018, kita tunggu penetapan dari Makamah Konsitusi (MK) dalam waktu tak berapa lama ini,” paparnya Khairunis Absyir.

*Tak ada celah pilkada ulang

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Hendra keterangan pers nya secara terpisah, menegaskan tidak ada pemungutan suara ulang di TPS, karena sesuai dengan aturan.

Apalagi selama berlangsungnya Pilkada Aceh Selatan, hingga selesainya pemilihan termasuk pada hari ini Rabu (4/7/2018) rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Aceh Selatan tahun 2018, menurut amatan dia tidak menyalahi undang-undang Pilkada, ungkapnya singkat.(MR.ZULMAS)