156819 KALI DIBACA

Tidak Ada Napi Lapas Kls II B Yang Berkeliaran Di Luar Kalau Ada Kabar Itu Bohong.

Tidak Ada Napi Lapas Kls II B Yang Berkeliaran Di Luar Kalau Ada Kabar Itu Bohong.
example banner

Langsa I Realitas – Isu dan kabar bohong kalau ada Narapidana (Napi) Lapas kls II B yang berkeliaran di Luar, tidak pernah napi kita keluarkan tanpa prosedur, kalau ada pun napi keluar itu semua sesuai dengan SOP tidak ada yang main menjaga penjara ini.

Kita bisa pastikan dan siapa yang pernah kita keluarkan yang menyalahi prosedur, ujar Kalapas Kls II B Langsa Drs Said Mahdar kepada Wartawan Media Realitas Jumat Sore (1/6/2018).

Kalau ada yang sebut sebut Enam Bulan Jalani Hukuman Di Lapas Langsa, Napi kasus Ilegal Logging Dapat Asimilasi, itu semuanya ada proses hukum yang berlaku tidak ada yang main-main dengan proses hukum, ujar Said Mahdar.

Beberapa Media Online memberitakan Nasip Seorang napi kasus ilegal logging atas nama Supriyadi Bin Adi Sudarmo benar-benar, beruntung, kenapa tidak Baru enam bulan menjalani hukuman dari 16 bulan putusan Hakim sudah mendapatkan asimilasi dari Kalapas Langsa, bukan enam bulan tapi hampir 9 bulan dalam tahanan, ujar Said Mahdar.

Dalam keputusan nomor W1.PAS.3.PK.01.05.04-227 tanggal 1 maret 2018 yang ditanda tangani oleh Kalapas Langsa II Langsa Said Mahdar, Napi Supriadi mendapat asimilasi untuk bekerja di Instansi Kepolisian Resor Aceh Timur, dan ada surat yang dikeluarkan oleh pihak Kapolres Aceh Timur, ujar Said.

Dalam keputusan tersebut juga dijelaskan, asimilasi diberikan dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 wib dan tidak dibenarkan keluar kota serta mengendarai kenderaan bermotor, ini juga sebuah ketentuan untuk seorang Napi yang mendapatkan asimilasi, sebut Said lagi.

Menurutnya Kalapas Langsa , Suriyadi akan bebas usai lebaran idul fitri nanti, kalau saat ini yang besankutan diluar itu semua proses sudah kami lakukan, bukan sekedar lepas.

“Siapa bilang belum 2/3, abis lebaran nanti sudah bebas dia, dan dia bukan pelaku utama dalam kasus ini,berdasarkan surat dari kejaksaan, dan asimilasi saya berikan atas kerjasana antara Polres Aceh Timur dengan Lapas Langsa, ujar Said Mahdar.

Kalapas Kls II B Langsa Drs Said Mahdar, ini KRONOLOGI :

Sehubungan dengan pemberitaan yang ditulis dibeberapa media online terhadap pemberian izin Asimilasi kepada 1(satu) orang narapidana An. SUPRIADI BIN ADI SUDARMO maka perlu kami jelaskan sebagai berikut :

– Supriadi Bin Adi Sudarmo adalah narapidana yang dihukum pidana penjara selama 1(satu) tahun 6(enam) bulan karena terbukti melanggar pasal 50 ayat (3) huruf f jo pasal 78 ayat (5) UU.RI No.41 tahun 1999 tentang kehutanan, berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor : 393 K/PID.SUS/2013.

– Narapidana Supriadi Bin Adi Sudarmo masuk ke Lapas kelas IIB Langsa sejak tanggal 11 Agustus 2017 dan berada didalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Langsa.

Pada tanggal 1 Maret 2018 Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Langsa memberikan Izin Asimilasi terhadap narapidana tersebut setelah memperhatikan :

1. SURAT KESANGGUPAN / JAMINAN DARI KEPALA KEPOLISIAN RESOR ACEH TIMUR.
2. SURAT PERNYATAAN NARAPIDANA.
3. SURAT JAMIANAN DARI KELUARGA (ISTRI).
4. LAPORAN HASIL PENELITIAN KEMASYARAKATAN (LITMAS) DARI BALAI PEMASYARAKATAN NOMOR REGISTER : 01/LITMAS/I/BKD/2018.


5. SURAT KETERANGAN BUKAN MERUPAKAN PELAKU UTAMA DARI KEJAKSAAN NEGERI LANGSA NOMOR : B-2010/N.1.14/Euh.2/09/2017.
6. SURAT PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA KEPALA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB LANGSA NOMOR : W1.PAS.3.PK.01.05.04- DENGAN KEPALA KEPOLISIAN RESOR ACEH TIMUR NOPOL : B/21/1/2018.
7. REKOMENDASI SIDANG TIM PENGAMAT PEMASYARAKATAN HARI SABTU TANGGL 06 FEBRUARI 2018.

Pada saat melaksanakan program asimilasi narapidana Supriadi Bin Adi Sudarmo keluar dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Langsa pada pukul 08.00 WIB pagi dan kembali pada pukul 18.00 WIB sore hari.
(H A Muthallib)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS