44819 KALI DIBACA

Rentan Pengkebiran Atas Hak Karyawan PTPN, Diperlukan Kehadiran Lembaga Advokasi

Rentan Pengkebiran Atas Hak Karyawan PTPN, Diperlukan Kehadiran Lembaga Advokasi
Insert : cara Budi mencari aspirasi dan mendengarkan keluh kesah para karyawan dengan sering bercengkerama langsung dengan karyawan.
example banner

Semarang I Realitas – Disinyalir ada pengkebiran hak-hak karyawan PTPN termasuk hak pensiun Karyawan dibalik lemahnya peran dan fungsi Serikat Pekerja yang telah ada.

Semua kita harus berfikir saat ini diperlukan kehadiran suatu lembaga advokasi yang kuat dan bebas dari intervensi penguasa, demikian di tegaskan oleh Budiyono, SH MH, kepada Media ini di rumah dinas Kebun Getas Kabupaten Semarang disela sela open house, Selasa (19/6/2018).

Lembaga inilah yang diharapkan bisa menutup ruang kosong atas lemahnya perlindungan yang semestinya dilakukan oleh Serikat Pekerja, ujar Budiyono, yang juga calon doktor ilmu hukum.

Sebenarnya fungsi dan peran perlindungan bagi terpenuhinya hak dan kepentingan karyawan PTPN dapat dilakukan oleh Serikat Pekerja namun karena sarat dengan kepentingan yang tidak jelas dan beberapa pengurus Serikat Pekerja tidak mempunyai nyali karena khawatir karier dan jabatannya di copot maka fungsi dan peran ini tidak dapat lagi diharapkan pada Organisasi Serikat Pekerja yang sudah ada, tandas Budiyono panggilan akrab Budi.

Budi lebih lanjut menguraikan Lembaga Advokasi ini sebenarnya juga bisa dalam bentuk Serikat Pekerja seperti yang sudah direncanakan oleh Budi yaitu FSPBUN Perjuangan.

Upaya mendirikan FSPBUN Perjuangan inipun tidak semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan serta yang jelas harus ada dukungan minimal 5 Serikat Pekerja untuk membentuk Federasi Serikat Pekerja.

Selanjutnya setelah terbentuk FSPBUN Perjuangan apakah pengurus yang ada nantinya mampu memegang amanah anggota, mampu bertindak tegas dan berani meskipun terdapat ancaman kehilangan jabatan atau terhambatnya karier, tidak dzalim, ini juga merupakan tantangan baru.

Kalau perjuangan pendirian FSPBUN Perjuangan ini harus berakhir tragis karena sama saja dengan FSPBUN yang sekarang ada maka sia sialah apa yang dilakukan tersebut.

Budi berharap apabila FSPBUN Perjuangan bisa terbentuk kiranya menjadi solusi bagi perjuangan hak dan kepentingan anggota dan para pengurusnya harus siap berjuang untuk kepentingan anggota tanpa pamrih, tanpa tendensi dan diniati berjihad di jalan Allah melalui Organisasi ini.

Oleh karena itu Budi yang menyatakan tidak akan diam melihat kondisi seperti ini dan dalam menyikapi dilematis serta kemungkinan-kemungkinan terburuk menyampaikan pandangannya berupa alternatif lain yaitu pembentukan Lembaga Advokasi.

Lembaga ini bisa secara profesional sehingga dalam memberikan perlindungan kepada Karyawan PTPN akan benar benar berani dan terbebas dari tekanan manajemen, jelas Budi. ( H A Muthallib )

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS