77619 KALI DIBACA

Mahasisiwa Program Studi Kimia Unsam Pemenang Hibah Kemenristek

Mahasisiwa Program Studi Kimia Unsam Pemenang Hibah Kemenristek
example banner

Langsa | Realitas – Mahasiswa Program Studi Kimia Unsam Pemenang Hibah PKM-M Kemenristekdikti Melaksanakan Kegiatan PKM-M Di Desa Pondok Pabrik, Langsa Lama Devi Ramayanti, Dinny Kartika, dan Irwan Saputra Harahap merupakan salah satu tim mahasiswa Program Studi Kimia Jurusan MIPA Fakultas Teknik Universitas Samudra yang berhasil lolos dalam ajang kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa bidang pengabdian kepada masyarakat (PKM-M) tahun 2018 di bawah bimbingan Ibu Ulil Amna, S.Si, M.Sc.

Program ini dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikian Tinggi Republik Indonesia (DITJEN BELMAWA KEMENRISTEKDIKTI RI), yang bertujuan untuk memfasilitasi potensi Mahasiswa Perguruan Tinggi seluruh Indonesia untuk menerapkan ilmu dan teknologi yang telah di pelajari di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Kegiatan PKM-M ini mengambil tema tentang Pembuatan Karbon Aktif dari Tandan Kosong Kelapa Sawit sebagai Media Filter dalam Upaya Penyediaan Air Bersih yang dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2018, pukul 09.00 s/d selesai di desa Pondok Pabrik, Kebon Lama, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa.

Tema yang diangkat oleh tim PKM-M ini sangat relevan dengan kondisi daerah dan kebutuhan masyarakat desa Kebon Lama, dimana daerah tersebut diketahui memiliki air sumur yang keruh dan bau.

Keadaan air tersebut tentu saja menimbulkan permasalahan bagi masyarakat terutama dalam hal kesehatan disebabkan masyarakat masih menggunakan air sumur untuk keperluan sehari-hari.

Pemanfaatan tandan kosong (tankos) kelapa sawit sebagai karbon aktif merupakan solusi yang diberikan oleh tim PKM-M dalam memecahkan permasalahan air bagi warga.

Bahan dasar tankos kelapa sawit sangat mudah didapatkan disekitar perumahan warga, karena desa Kebon Lama dikelilingi oleh kebun kelapa sawit.

Arang aktif dari tankos kelapa sawit dapat digunakan sebagai media penyaring dan memiliki potensi yang sangat baik sebagai bahan penyerap logam berbahaya yang terdapat di dalam air sumur seperti Fe, Cu, dan Mn. Pada kegiatan ini, tim PKM-M memberikan contoh langsung kepada masyakarat tentang cara pembuatan karbon aktif dari tankos serta aplikasinya dalam pembuatan alat penyaring sederhana menggunakan drum.

Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah mahasiswa dan beberapa dosen Program Studi Kimia, yaitu Ibu Puji Wahyuningsih,S.Si, M.Sc (Koordinator Program Studi Kimia), Ibu Ulil Amna, S.Si, M.Sc (Dosen Pembimbing PKM-M), Ibu Halimatussakdiah,S.Si, M.Sc, Bapak Tisna Harmawan, S.Si, M.Si, Bapak Yulida Amri, S.Pd, M.PKim, dan Ibu Rahmatul Fajri, S.Pd, M.Si, serta mendapat dukungan dari masyarakat dan aparat Desa Pondok Pabrik, Kebon Lama.

Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, karena melalui kegiatan ini mereka mendapatkan informasi baru mengenai cara pembuatan alat penyaring air menggunakan tankos yang dapat diperoleh dengan mudah disekitarnya.

Masyarakat menyambut baik kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa di desanya.

Mereka sangat berharap mahasiswa dapat lebih sering melakukan kegiatan seperti PKM-M ini untuk memberikan informasi serta aplikasi ilmu bersama masyarakat.

Devi Ramayanti, mahasiswa Program Studi Kimia semester 6,selaku ketua tim mengatakan bahwa ide pembuatan kegiatan PKM-M diperoleh dari aplikasi ilmu selama perkuliahan.

Devi menjelaskan bahwa ilmu kimia sangat berkaitan dengan aktivitas manusia sehari-hari, sehingga penguasaan ilmu kimia akan memudahkan dalam pemecahan permasalahan masyarakat sekitar.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam upaya penyediaan air bersih untuk penggunaan sehari-hari, tanpa perlu membeli alat penyaring dengan harga mahal.

Selain itu, kegiatan PKM-M ini dapat menjadi sarana bagi mahasiswa, khususnya Program Studi Kimia untuk menerapkan hasil penelitian kepada masyarakat luas. (iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS