50419 KALI DIBACA

Tim PKK Abdya ‘Sulap’ Buah Labu Jadi Stik

Tim PKK Abdya ‘Sulap’ Buah Labu Jadi Stik
example banner

Blangpidie | Realitas- Tim Penggerak PKK Aceh Barat Daya (Abdya) menciptakan kue kering berupa stik berbahan dasar buah labu yang tidak susah untuk didapat dalam kabupaten setempat. Produk lokal makanan ringan itu, merupakan kerajinan para ibu rumah tangga di Abdya dan harus memiliki daya saing dengan produk daerah lainnya.

“Produk lokal memiliki cita rasa tersendiri dan kualitasnya juga baik sehingga harus memiliki daya saing dengan daerah lain. Selain itu, nama dan bentuk kemasan juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan, kata Ketua Tim Penggerak PKK Abdya, Ny Ida Agustina dalam kegiatan pelatihan membuat kue kering bagi para pelaku usaha rumah tangga di gedung PKK Blangpidie, Rabu (9/5).

Ida mengemukakan, nama dan kemasan merupakan hal penting dalam sebuah produk. Sebab, selain cita rasa yang harus menggugah selera, keunikan dari nama serta model kemasan yang menarik akan menjadi penentu ketika produk tersebut dipasarkan.

“Kita mampu menciptakan kue kering yang berkualitas, contohnya saja buah labu yang mudah didapat dalam pasaran mampu kita buat menjadi stik. Ini membuktikan bahwa kita mampu untuk berkreatifitas, ujarnya.

Karenanya, pelatihan yang dilakukan ini merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan kreatifitas pelaku usaha rumah tangga agar mampu melahirkan produk yang mampu bersaing dengan produk luar. Dengan adanya pelatihan secara berkesinambungan, tentu akan menjadi tolak ukur dalam meningkatkan angka pendapatan serta menjadi ciri khas jajanan daerah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Abdya, Jamaluddin SPd menyampaikan, selama ini, produk jajanan lokal yang dihasilkan dari usaha rumah tangga di Abdya masih belum bisa bersaing dengan produk luar yang rasanya masih bisa disaingi.

Pasalnya, nama dan model kemasan yang tidak menarik, membuat konsumen yang enggan untuk membeli. Padahal jika dinilai menurut cita rasa, produk lokal Abdya sangat layak untuk dipasarkan hingga ke luar negeri. Karena cita rasa yang terbilang unik serta membuat pembeli merasa ketagihan.

“Produk lokal Abdya sudah pernah dibuktikan pada sejumlah ajang dan pameran. Hasilnya sangat memuaskan, semua laku terjual dalam waktu singkat. Tidak hanya itu, hasil produk Abdya pernah mendapatkan predikat terbaik, ungkap Jamal.

Ditambahkan, kali ini pihaknya akan melatih para pelaku usaha yang juga tergabung dalam tim penggerak PKK untuk membuat jajanan kue kering yang berbahan dasar buah labu. Sebelumnya, jajanan dimaksud telah melalui uji pemasaran di sejumlah kegiatan dan hasil sangat memuaskan.

“Dengan bahan dasar buah labu, kita mampu membuat kue kering yang punya cita rasa berbeda sehingga akan menambah kuliner khas di Abdya nantinya, demikian tutur Jamal (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS