56819 KALI DIBACA

Pemda Asel Gelar Apel Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke 110

Pemda Asel Gelar Apel Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke 110
example banner

Tapaktuan | Realitas-Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, Senin (21/5/2018) menggelar apel memperingati hari kebangkitan Nasional ke 110 tahun 2018.

Acara tersebut langsung dikendalikan Pejabat (PJ) Bupati Aceh Selatan, Dedy Yuswadi, AP yang diikuti unsur muspida, dan hampir seribuan PNS yang menghadiri upara tersebut di halaman kantor bupati lama, jalan Syeckh Abd Raof Tapaktuan.


Dikesempatan itu, PJ Bupati Aceh Selatan, Dedy Yuswadi, AP membacakan pidato Menteri Komonikasi dan Informasi RI, Rudiantara, mengatakan ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa.

Kita hanya ada memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama kemerdekaan bangsa.

Bersatu adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia, namun pada saat yang sama tantangan yang mahakuat menghadang di depan.   Boedi oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

Tak terasa sekarang bangsa Indonesia sudah merdeka
110 tahun, dan telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju sejajar dengan bangsa-bangsa lain, meskipun belum sepenuhnya sempurna, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan  kelambu kemerdekaan.

Butir kelima dari nawacita kabinet presiden joko widodo dan wakil presiden jusuf kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan. Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat presiden joko widodo yang menyatakan bahwa pemerintah   akan meningkatkan  pembangunan sumber daya manusia (sdm) pada tahun 2019, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang   menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya.

Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan     kapasitas sumber daya manusia.

Alahamdulillah  kita mencatat bahwa tidak sedikit anak muda kreatif yang mampu menaklukkan gelombang digitalisasi dengan cara  mencari  berkah didalamnya . Internet, media sosial, situs web, layanan multimedia  aplikasi  ponsel, mereka jadikan ladang baru untuk berkarya, dan pasar yang menjanjikan bagi kreatifitas.

Pada hari ini kita ucapkan selamat hari kebangkitan nasional ke 110, mari maknai peringatan tahun ini dilingkungan kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa ditahun- tahun mendatang.(MR.ZULMAS)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS