86619 KALI DIBACA

Fasilitas Bangun Tahun 2017, PKM Umumnya Rusak di Aceh Selatan

Fasilitas Bangun Tahun 2017, PKM  Umumnya Rusak di Aceh Selatan
Kondisi pembangunan PKM sekarang di Aceh Selatan
example banner

Tapaktuan | Realitas-Fasilitas sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) di Kabupaten Aceh Selatan yang dibangun tahun 2017 lalu, umumnya rusak sehingga mengganggu pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Menurut keterangan pemantaun wartawan, pekan lalu, menyimpulkan,  fasilitas bangunan beberapa   PKM atau Puskesmas itu rata-rata tampak telah rusak pada beberapa bagian seperti pada bagian atap dan  plapon. Selebihnya pada bagian lantai semen dan keramik serta dinding dan juga melanda rembesan air hujan dibagian pinggiran atas sehingga membuat lapuknya dinding pengaman tembok.

Salah satu PKM yang terparah kerusakannya adalah, Puskesmas Ladang Tuha Terbangan Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selata, sekitar 15 Km arah timur Tapaktuan. Pada PKM ini, terlihat plapfon yang telah “menganga” sehingga tampak kerusakan yang mengganggu pemandangan.

Menurut keterangan, kerusakan itu telah lama terjadi, persisnya beberapa bulan lalu yang difungsikan setelah pembangunan rehabilitasi pada tahun anggaran 2017.

Rata-rata bangunan rehabilitasi PKM yang dikerjakan pada tahun anggaran 2016-2017 dalam konstruksi pemasangan alu kabon dalam kondisi rusak. Disinyalir, bangunannya tidak berkualitas karena hanya mengejar target penampilan (peformen) bangunan di bagian luar tanpa memperhitungkan pentingnya bagian dalam.

“Sudah beberapa bulan ini rusak akibat atapnya bocor. Kami menduga pekerjaann asal jadi dan bahannya tidak berkualitas,” kata beberapa paramedis yang enggan disebutkan namanya.

Menurutnya, akibat kerusakan itu, air hujan merembes pada lantai sehingga lingkungan PKM menjadi jorok. Ekses lainnya, kebocoran itu berdampak pada pelayanan kesehatan warga karena ketika hujan pasien tidak bisa dilayani.

Salah seorang warga Pasie Raja, Animar (53 tahun) dihubungi secara terpisah, terkait bocornya puskesmas, ia mengakui puskesmas kami tempat berobat bila hujan tiba, kami sebagai pasien cukup susah untuk berobat, karena di bagian atap puskesmas ada yang bocor-bocor.

Padahal puskesmas tersebut baru saja dibangun, tapi belum sampai setahun, dah bocor. Apa gitu bangunan sekarang? Penuh tanda tanya dia.

Animar menambahkan dan membenarkan apa kata petugas puskesmas, mereka kesulitan melayani pasien bila musim penghujan tiba, karena atap puskesmas banyak yang bocor, ujarnya.

 Demikian juga halnya Puskesmas lain di Aceh Selatan yang juga mengalami kebocoran pada atap dan merusak plafon adalah PKM Air Berudang Tapaktuan.

Keberadaan Puskesmas Air Berudang, beberepa bulan lalu menjadi sorotan warga karena kerusakan pada fasilitas tersebut yang berakibat pada pelayanan.

Kepala PKM Ladang Tuha Burhanuddin yang hendak dikonfirmasi wartawan, Jumat, (18/5/2018), tidak berhasil kendati HP bersangkutan dalam kondisi aktif, demikian pula Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Selatan Alizan, tidak berhasil.(MR.ZULMAS)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS