103419 KALI DIBACA

Lapas Banda Aceh Larang Pengacara YARA Ajukan Surat Kuasa Hukum Pada Tahanan Pajak

Lapas Banda Aceh Larang Pengacara YARA Ajukan Surat Kuasa Hukum Pada Tahanan Pajak
example banner

BANDA ACEH I NMEDIA REALITAS – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) menyesalkan sikap pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Banda Aceh yang mempersulit pihaknya untuk mendapatkan tanda tangan dari kliennya yang ditahan di Lapas tersebut, Jum’at (12/1/18).

Hal ini diungkapkan oleh basri koordinator YARA Aceh Timur dan M. Zubir SH salah satu pengacara dari YARA saat berada di lapas banda aceh usai ditolaknya kedatangan rombongannya oleh petugas lapas tersebut.

“ Kami datang kemari ingin menyerahkan surat kuasa hukum kepada tahanan pajak bernama Heri Ayung namun tidak diperbolehkan oleh petugas lapas,malah diminta untuk meminta izin dari dinas perpajakan,ah yang benar saja aturan dari mana ini “,ungkap basri kesal.

Menurut zubir kedatangan pihaknya ke lapas lambaro hanya untuk menyerahkan surat kuasa hukum untuk ditanda tangani oleh kliennya namun oleh petugas lapas melarangnya.

Zubir menilai petugas lapas lambaro telah mempersulit dan mengengkangi profesi serta profesi dirinya sebagai pengacara, dimana dalam aturan pengacara berhak menemui kliennya dan menyerahkan surat kuasa hukum untuk ditanda tangani oleh klien.

Disamping itu zubir sangat mendukung pengetatan serta pembenahan dilapas banda aceh pasca kerusuhan beberapa hari lalu namun harus sesuai aturan serta ketentuan yang berlaku.

“ Kita mendukung pembenahan yang dilakukan oleh pihak lapas banda aceh,namun bukan berarti mengabaikan setiap hak seseorang untuk mendapatkan bantuan hukum karena bertentangan dengan PP No 137 Tahun 2000 ayat 3 tentang tempat dan tata cara penyanderaan,rehabilitasi nama baik penanggung pajak dan pemberian ganti rugi dalam rangka penagihan pajak dengan surat paksa ”, tegas zubir.(M.NAZAR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS