269219 KALI DIBACA

Kejati Diminta Segera Periksa Kadis PU Aceh Timur

Kejati  Diminta Segera Periksa Kadis PU Aceh Timur
example banner

LANGSA – ACEH I MEDIA REALITAS – Meski sudah mulai apatis, masyarakat Aceh Timur dilaporkan masih menyisakan harapan bagi aparat penegak hukum terutama pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh, agar segera melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Dinas PU Aceh Timur Mahyuddin. Pemeriksaan hukum terhadap yang bersangkutan terkait dugaan berbagai penyimpangan  dan penyalahgunaan kewenangan akibat Mahyuddin sering berkantor secara ilegal di gudang-gudang milik kontraktor dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

 

Sejumlah tokoh masyarakat Aceh Timur yang ditemui MEDIA REALITAS, Senin (15/1/18), mengungkapkan sudah menjadi rahasia umum jika Kadis PU Mahyuddin jarang terlihat di kantor resmi milik Pemkab Aceh Timur. Mahyuddin lebih doyan berkantor di beberapa gudang milik kontraktor, yang diduga sebagai rekan kolusi nya dalam menggarap berbagai proyek pembangunan di Aceh Timur. Namun untuk mengungkap fakta yang benar tersebut, masyarakat yang enggan disebutkan namanya ini mengaku sudah apatis. “Habis batre saja kita bersuara, jika pemangku kebijakan di Aceh Timur tidak bertindak sama saja. Akhirnya ya kami diam aja menyaksikan berbagai ke anehan yang ditunjukkan oleh para pejabat Aceh Timur ini,” ujar warga.

 

Meski terlihat sudah bersikap apatis, namun warga berharap pihak Kejaksaan Tinggi Aceh agar secepatnya turun untuk memeriksa Kadis PU Aceh Timur serta pihak-pihak lain guna mengungkap “skandal” kekuasaan dan fakta berbagai penyimpangan yang terjadi di Kabupaten Aceh Timur tersebut.

 

Sebelumnya, Direktur Ekesekutif Aceh Human Foundation (AHF) Abdul Hadi Abidin yang akrab disapa Adi Maros, kepada Media Realitas, Kamis (11/1/18), mengatakan dari cara kerja dan gerak geriknya, sudah bisa dipastikan jika Kadis PU Aceh Timur Mahyuddin punya potensi menjadi seorang maling atau pencuri. Apalagi jika di lihat track record  Mahyed sejak menjabat Kadis PU Aceh Timur, begitu banyak  proyek pembangunan di Aceh Timur bernilai puluhan hingga ratusan milyar rupiah, terbengkalai dan bermasalah. Sementara anggaran proyek pembangunan tersebut yang notabene nya uang milik rakyat, ludes terkuras, katanya.

 

Karenanya, Adi Maros mengatakan pihaknya tak heran dan siapapun tahu jika Mahyed rutin berkantor secara ilegal di gudang-gudang milik kontraktor yang menjadi konconya. Sebab, potensi menjadi seorang maling memang sudah terlihat dari sikap dan prilaku serta cara kerja Kadis PU Aceh Timur itu, ujarnya.

Dilain pihak, Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib diminta segera menerapkan disiplin yang tegas terhadap Kepala Dinas PU Mahyuddin, terkait seringnya yang bersangkutan berkantor secara ilegal di beberapa gudang milik kontraktor. Jika ulah Kadis PU Aceh Timur ini tidak segera diatasi, maka Bupati  Hasballah M Thaib akan ikut berada dalam posisi bahaya. “ Ya Bupati Aceh Timur memang harus segera melakukan evaluasi kinerja dan menerapkan disiplin yang tegas terhadap Kadis PU Mahyuddin alias Mahyed. Jika persoalan ini dibiarkan berlarut-larut, maka akan berdampak buruk bagi Pemkab Aceh Timur itu sendiri,” demikian dikatakan Direktur Eksekutif Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Safaruddin SH kepada Media realitas, Jumat (12/1/18).

Menurut Safaruddin, pola kerja Mahyed selaku Kadis PU Aceh Timur yang sering berkantor secara ilegal di gudang kontraktor, adalah suatu hal yang sangat membahayakan bagi Pemkab Aceh Timur. Tak hanya membuka ruang Kolusi dan Korupsi, lebih dari itu tindakan Mahyed juga akan membuat semua dokumen penting milik negara yang terkait bidang kerjanya, akan bocor pada pihak yang tidak berkompeten. “Kalau kita pelajari  riwayatnya, maka sudah memenuhi unsur bagi Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib untuk melakukan evaluasi dan memberikan tindakan tegas terhadap Mahyed. Jika tidak, maka Bupati Aceh Timur dikhawatirkan akan ikut terseret dalam bahaya,” demikian ujar Safaruddin.(ZAL)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS