189819 KALI DIBACA

BNN Sita 40.230 Kg Sabu Dari Sindikat Jaringan Internasional

BNN Sita 40.230 Kg Sabu Dari Sindikat Jaringan Internasional
example banner

ACEH TAMIANG I MEDIA REALITAS – Narkotika jenis Shabu seberat 40,230 kg asal negeri jiran Penang, Malaysia berhasil digagalkan peredarannya oleh Tim pemberantasan Narkotika yaitu BNN Pusat, BNN Aceh, BNN Langsa dan Bea Cukai , Selain barang bukti narkotika Golongan I Tim BNN juga berhasil mengamankan 4 (Empat)  orang tersangka.

Deputi Penindakan BNN Pusat Irjen Pol Armen Depari saat konfrensi pers, Jum’at (12/1/18) di Kantor BNNK Aceh Tamiang mengungkapkan, penangkapan berawal adanya informasi dari masyarakat tentang aktifitas penyeludupan narkotika jenis sabu yang didatangkan dari Penang – Malaysia menuju Indonesia melalui jalur perairan laut Aceh Timur.

Mendapat Informasi berharga tersebut kata Armen petugas langsung meluncur ke titik lokasi untuk melakukan penyelidikan dan pengintaian.

Lanjut Jenderal Polisi Bintang Dua itu petugas mencurigai pergerakan HR yang saat itu menggunakan sepeda motor warna hitam nopol BL 3596 ZQ. Diduga telah menerima narkotika jenis sabu yang dikirim dari Penang -Malaysia tersebut.

Dikatakannya, petugas berhasil menangkap HR di pekarangan rumahnya di Dusun Petua Mae Gampong Bagok Panah Peut Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur, Rabu (10/1/18) sekira pukul 05.45 Wib.

“Pada saat itu tersangka nembawa narkotika jenis sabu sebanyak 19 paket bungkusan,” paparnya.

Dari penangkapan itu dilakukanlah pengembangannya, selanjutnya petugas juga berhasil menangkap tersangka AM (30) dirumahnya Dusun Tengku Di Ceungai Gampong Bantaian Kecamatan Nurussalam. Dimana HR mengakui mendapat sabu dari AM.

Selanjutnya ,petugas menangkap JN dirumahnya di Dusun Pelita Gampong Bantaiyan Kecamatan Nurussalam,Aceh Timur setelah dikembangkan mengarah ketersangka lainnya yakni  SN (34) warga  Gampong Bagok Panah Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur

“JN ini perannya mengambil sabu ditengah laut bersama AM sementara SN merupakan orang yang diperintahkan oleh AM untuk memindahkan sabu yang dibawa JN dari Kapal untuk diserahkan kepada HR dengan cara meletakkan sabu tersebut ke dalam bagasi sepeda motor Milik HR yang terparkir di jalan sekitar sungai Kuala Bagok saat transaksi narkotika antara HR dan AM,” terang Armen.

Lebih jauh dipaparkannya, tidak berhenti disitu, petugas terus melakukan penggalian informasi dari tersangka AM yang mengakui sebelumnya bersama JN telah mengambil sabu sebanyak 39 bungkus di perairan Selat Malaka dengan menggunakan kapal motor. Lalu AM menyuruh JN untuk menyimpan sabu sebanyak 10 bungkus/bungkus beratnya 1 Kg didalam salah satu kapal rusak sedang diperbaiki disekitar sungai Kuala Bagok.

“Setelah digeledah oleh petugas di kapal tersebut ditemukan narkotika jenis shabu seberat 10 bungkus,” ujarnya.

Dari intrograsi oleh petugas pada tersangka AM,diketahui AM bersama SN telah menyerahkan shabu kepada HR jumlahnya sebanyak 29 bungkus. Didasari keterangan AM itu petugas kembali menggali informasi dari HR dan mengakui bahwa sisa shabu sebanyak 10 bungkus keberadaannya dikubur dipekarangan rumah SN di Dusun Petua Mae Gampong Bagok Panah Peut Kecamatan Darul Aman,Aceh Timur.

“Tersangka AM dan HR mengakui bahwa mereka berdua dikendalikan oleh inisial DP, saat terus diburu oleh petugas BNN, yang bersangkutan juga dimasukan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Selain mengaman barang bukti 40.230 KG narkotika jenis sabu, petugas turut juga menyita beberapa unit handphone, 1 (satu) unit sepmor dan kartu identitas para tersangka.

Keempat tersangka tetsebut saat ini ditahan di Kantor BNNK Langsa Dan dapat dijerat dengan padal 114 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1), pasal 112 ayat (2) Jo pasak132 ayat (1) Undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman maksimal pidana mati

Turut hadir dalam kegiatan konfrensi Pers antara lain Kepala BNN Provinsi Aceh Bigjen Pol Drs Faisal Abd Naser, MH Mursil bupati Aceh Tamiang, Fadlon, SH Ketua DPRK Aceh Tamiang,Pabung Mayor Ahmad Yani, Kepala BNNK Langsa AKBP Navri Yuleni, Kepala BNNK Aceh Tamiang AKBP Trisna Safari.(JAM)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS