39819 KALI DIBACA

Tuna Jadi Andalan, Gubernur Aceh Targetkan 2.459 Ton/Tahun

Tuna Jadi Andalan, Gubernur Aceh Targetkan 2.459 Ton/Tahun
example banner

Banda Aceh | Media Realitas- Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, mengatakan salah satu jenis ikan andalan Aceh yaitu tuna. Ikan yang terkenal lezat dan kandungan gizi sangat tinggi ini kini diekspor hingga ke mancanegara.

“Oleh sebab itu, wajar jika produksi ikan tuna ini sangat penting untuk dikembangkan,” kata Irwandi di Banda Aceh, Jumat (3/11/2017).

Menurutnya, ikan tuna tak hanya digemari oleh masyarakat Tanah Rencong tapi juga warga di seluruh dunia. Berdasarkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, ikan tuna yang ditangkap nelayan dan didaratkan di Pelabuhan Perikanan Lampulo pada tahun 2016 sebanyak 2.459 ton. Angka ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2015 sebesar 2.119 ton.

Tuna yang berhasil ditangkap tersebut tidak hanya dijual di Aceh, tapi juga untuk beberapa daerah di Indonesia bahkan diekspor hingga ke mancanegara. Untuk mengelola potensi tersebut, Pemerintah Aceh akan terus berupaya untuk melengkapi berbagai hal termasuk sarana atau fasilitas yang dibutuhkan.

“Serta menggulirkan berbagai program pemberdayaan dan penguatan disektor perikanan dan kelautan,” jelas Irwandi.

Pada Kamis (2/11) kemarin, Gubernur Irwandi meletakkan batu pertama pembangunan Pabrik Pengolahan Ikan Tuna di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo, Banda Aceh yang disaksikan sejumlah investor dari luar negeri dan sejumlah tamu lainnya.

Irwandi berharap tempat pengolahan tuna yang dibangun tersebut dapat berkembang sehingga memberikan kontribusi terhadap peningkatan produksi perikanan Aceh. Dengan demikian, kesejahteraan nelayan juga bakalan meningkat.

“Potensi di sektor perikanan Aceh selama ini masih belum tergarap dengan maksimal. Padahal, tiga sisi Aceh berbatasan langsung dengan laut, sehingga menjadikan Aceh salah satu kawasan yang memiliki sumber daya kelautan sangat besar,” ungkap pria yang akrap disapa Bang Wandi tersebut.

“Hal ini wajar, mengingat Aceh memiliki luas kawasan laut mencapai 295 ribu km persegi dengan panjang garis pantai mencapai 2.666 km,” jelasnya.
(red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS