113919 KALI DIBACA

Setya Novanto Dipindahkan ke RSCM Kencana

Setya Novanto Dipindahkan ke RSCM Kencana
example banner

Jakarta | Media Realitas- Setya Novanto dipindahkan dari RS Medika Permata Hijau, Jakarta. Dia dipindahkan ke RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta Pusat.

Setya Novanto dibawa keluar dari RS Medika Permata Hijau, Jakarta, Jumat (17/11/2017) pukul 12.42 WIB. Dia keluar dari kamar perawatan di lantai 3 rumah sakit dengan pengawalan ketat polisi.

“Beliau dirujuk ke RSCM,” kata pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, kepada wartawan di lokasi.

Baca juga: Polisi Bersenjata Jaga RS Tempat Novanto Dirawat

Menurut Fredrich, Novanto dipindahkan ke RSCM Kencana atas rujukan dokter yang merawatnya, yakni Dr dr H Bimanesh Sutarjo, SpPD, KGH, FINASIM, dokter spesialis penyakit dalam serta konsultan ginjal dan hipertensi di RS Medika Permata Hijau.

“Dipindahkannya atas rujukan dokter Bima, juga persetujuan dari Pak Novanto sendiri juga dari pihak keluarganya,” ucap dia.

KPK menyebut pemindahan Setya Novanto dari RS Medika Permata Hijau terkait kebutuhan penyidikan. Novanto dipindah ke RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana.

“(Pemindahan Setya Novanto terkait) kebutuhan penyidikan KPK,” ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada detikcom, Jumat (17/11/2017).

Baca juga: Dokter RS Medika Jelaskan Kondisi Novanto

Febri mengatakan sebelum Novanto dipindah, tim KPK telah berkoordinasi dengan dokter. Pemindahan itu juga berkaitan dengan tindakan CT scan terhadap Novanto.

“Setelah dilakukan pengecekan sejumlah kondisi kesehatan tersangka SN, siang ini untuk kebutuhan tindakan lebih lanjut seperti CT Scan maka yang bersangkutan dibawa ke RSCM,” kata Febri.

“Hal ini dibutuhkan dalam proses penyidikan untuk memutuskan tindakan hukum lebih lanjut terhadap tersangka, termasuk rencana akan dilajukan alih rawat ke RSCM,” imbuh Febri.

Sejak Rabu (15/11) malam, tim KPK sudah mendatangi rumah Novanto untuk melakukan penangkapan sebab Novanto yang berstatus tersangka e-KTP ini absen dari panggilan. Namun Novanto tidak berada di rumahnya.

KPK pun melakukan pencarian hingga Kamis kemarin (16/11). Belakangan, Novanto mengeluarkan pernyataan akan datang sendiri ke KPK.

Namun Novanto mengalami kecelakaan sebelum niatannya terlaksana dan disebut mengalami luka hingga dirawat di RS Medika Permata Hijau. Malam tadi, KPK telah memasukkan Novanto dalam daftar pencarian orang (DPO)

Dicek Dokter KPK

Wapres Jusuf Kalla (JK) meminta kesehatan tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto juga dicek oleh dokter dari KPK. JK berharap ada pemeriksaan surat keterangan sakit dari dokter.

“Oh iya, iya. Dan selalu pernyataan sakit itu selalu harus juga dicek oleh KPK sendiri. Tidak sembarang orang,” ujar JK di Markas Komando Marinir, Jl Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2017).

JK juga meminta rumah sakit yang merawat Novanto untuk dicek kembali. Alasannya, untuk memastikan penyakit yang diderita Ketua DPR itu.

“Menurut saya, perlu juga diperiksa rumah sakit-rumah sakit yang apa itu, yang apabila kebenaran daripada informasi itu. jangan rumah sakit dipakai karena nanti etikanya, etika rumah sakitnya nanti hilang,” terangnya.

“Karena banyak yang bersembunyi di balik surat keterangan dokter, nah itu,” terangnya.
Pengamanan Ektra Ketat

Tersangka kasus e-KTP, Setya Novanto, kini berada di RSCM Kencana, tepatnya di Klinik Eksekutif 24 Jam. Lokasi tersebut dijaga ketat oleh polisi bersenjata.

Berdasarkan pantauan, Jumat (17/11/2017), Novanto tiba di RSCM Kencana, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat dengan dibawa oleh ambulans B 7594 BDA. Saat ambulans tiba, petugas berkemeja hitam mengawal hingga memasuki halaman samping Klinik Eksekutif 24 Jam.

Setelah ambulans berhenti, Novanto dibawa keluar. Seseorang menutupi tubuh Novanto dengan selimut. Dua orang petugas keamanan langsung menutup pintu klinik.

Seorang penyidik KPK kemudian menyusul masuk. Di dalam Klinik Eksekutif 24 Jam, ada satu ruangan lain yang merupakan ruang pemeriksaan. Di situlah Novanto berada.

Klinik Eksekutif 24 Jam ini dijaga oleh polisi bersenjata. Hingga pukul 14.06 WIB, wartawan belum diizinkan mendekat.

Novanto sebelumnya dirawat di RS Medika Permata Hijau. Kemudian, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan Novanto dipindahkan untuk CT Scan.

“Akan dilakukan CT scan ke RS lain,” ucap Febri Diansyah.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS