36019 KALI DIBACA

TMMD TNI Sangat Kontekstual dengan Penyelenggaraan Pemerintah

TMMD TNI Sangat Kontekstual dengan Penyelenggaraan Pemerintah

LABUHANBATU – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang diselenggarakan TNI sangatlah kontekstual dengan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah saat ini.Hal ini sebagaimana yang tertuang pada pasal 25 Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Secara limitatif dalam ketentuan pasal 25 ayat (3) undang-undang Nomor 23 tahun 2014 mengatur bahwa dalam melaksanakan tugas urusan pemerintahan umum kepala daerah dibantu instansi vertikal.

Demikian disampaikan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap pada pembukaan TMMD ke-100 Kodim 0209/LB,di Lapangan Bola Bandar Kumbul Kecamatan Bilah Barat.

Dihadapan Danrem 022/PT Kolonel ARM Khoirul Hadi, Wakil Bupati Labusel, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj Siti Awal Pangonal Harahap dan Kepala SKPD serta Camat se-Labuhanbatu, Bupati menyebutkan, mengembangkan kerjasama dan pemikiran konstruktif harus senantiasa dilakukan.

“Selaku kepala daerah saya menyadari benar, bahwa pola kerjasama lintas sektoral dan koordinasi antar pemangku kebijakan maupun pemangku kepentingan, akan lebih efektif dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah. Korelasinya tercapainya tujuan pembangunan nasional yaitu terwujudnya masyarakat adil, makmur dan sejahtera,” jelas Pangonal.

Dalam hal pelaksanaan tugas pokok TNI, atas nama jajaran pemerintah daerah, dirinya mendukung penuh kinerja TNI dalam melaksanakan TMMD tersebut.

“Berkenaan dengan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-100 Tahun 2017, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pangdam I/Bukit Barisan, Komandan Korem 022/Pantai Timur khususnya kepada Komandan Kodim 0209/Labuhanbatu beserta jajaran serta kepada seluruh pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0209/Labuhanbatu Letkol CZI Denden Sumarlin, selaku Dansatgas TMMD dalam laporannya menyebutkan, kegiatan TMMD ke-100 yang berlokasi di Desa Bandar Kumbul, Kecamatan Bilah Barat terdiri dari kegiatan Pra TMMD dimulai tanggal 9-26 September 2017 dan TMMD tanggal 27 September-26 Oktober 2017.

Adapun kegiatan yang dilakukan, sambung Denden, terdiri dari pembukaan badan jalan sepanjang 3.000 meter x 8 meter dari Dusun VI menuju Dusun VII Desa Bandar Kumbul, Kecamatan Bilah Barat, kemudian pengerasan badan jalan sepanjang 3.000 meter x 4 meter dari Dusun VI menuju Dusun VII Desa Bandar kumbul dan bedah rumah tidak layak huni sebanyak 21 unit di Desa Bandar Kumbul, pembuatan teras masjid sebanyak 1 unit, perehaban gereja 1 unit, perehaban Taman Pembacaan Al Qur’an 1 unit, pPembuatan MCK umum sebanyak 3 unit, pembuatan Pos Siskamling sebanyak 3 unit dan pembuatan Tugu TMMD Ke-100 Kodim 0209/LB.

“Dalam TMMD ini juga dilaksanakan kegiatan non fisik antara lain, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang pertanian, penyuluhan tentang hukum dan penyuluhan tentang kerukunan antar umat beragama,” rinci pria berpangkat Letna Kolonel itu.

Untuk jumlah tenaga, Dandim menyampaikan, kegiatan TMMD ini melibatkan 123 personel TNI, 12 personel Polri, 15 pegawai Pemda dan 150 masyarakat.

“Sedangkan logistik pasukan dari komando atas selama 34 hari atau alat peralatan yang digunakan antara lain Beco Excapator, Dump Truk, Greder/Bomak, Chain Shaw/Gergaji Mesin, Sendok Semen, Raskam Kayu, Cangkul, Sekop, Kereta Sorong, gergaji Tangan, Martil, Kampak dan Paku,” jelas Denden Sumarlin.

Dalam acara Pembukaan TMMD Ke-100 ini dirangkai dengan penyerahan peralatan logistik kepada 3 personel oleh Bupati Labuhanbatu yang dilanjutkan dengan meninjau pelaksanaan pengobatan gratis dan pembukaan jalan dari Dusun VI menuju Dusun VII bersama dengan Danrem 022/PT serta Dandim 0209/LB dengan mengendarai kenderaan roda dua.(red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS