48119 KALI DIBACA

Kerusuhan Rutan Idi Dipicu Karena Ka Rutan Sangat Arogan, Napi minta Ka Rutan Segera di Pindah.

Kerusuhan Rutan Idi Dipicu Karena Ka Rutan Sangat Arogan, Napi minta Ka Rutan Segera di Pindah.
example banner

Aceh Timur | Media Realitas-Kronologis kejadian unras yg berakhir kerusuhan  Rumah Tahanan Cabang  rutan ( Rutan ) Idi Aceh Timur tgl 25 september 2017

Berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan dan keterangan dari saksi- saksi, dari dalam rutan cabang idi aceh Timur yang diturunkan tim internal dari Kakanwil kehakiman Aceh, hasil sementara yang berhasil di himpun oleh Media ini dari berbagai sumber di idi Rabu ( 27/9/2017).

Kerusuhab Pada 25 September 2017 pukul 16.30 s.d 18.20 wib aksi Unras yang dilakukan para  Narapidana yang berjumlah -/+ 395 orang, yang dikordinir oleh beberapa Narapidana a.n. Fahrurazi alias Uten dan kawan- kawan dalam rutan Cabang idi Aceh Timur, dalam rangka menuntut agar Ka cabang  rutan Idi Rayeuk a.n. Irdiansyah Rana dipindahkan dari rutan Idi Rayeuk, bertempat di  rutan Idi Rayeuk, Ds. Gampoeng Jalan, Kec. Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur.

Aksi ini dipicu oleh banyaknya narapidana yang tidak mendapatkan remisi umum pada tanggal 17 agustus 2017 lalu , disamping itu saudara irdiansyah rana Ka Rutan Idi Aceh Timur juga dinilai  tidak memenuhi janji-janji nya kepada narapidana, ditambah lagi adanya isu beberapa pegawai rutan yg dijadikan tumbal dan dikorbankan oleh kepala cabang rutan.

Para narapidana yabg bersimpati kepada pegawai tersulut saat mengetahui bahwa saudara irdiansyah rana akan memecat kasubsi yang telah memberikan izin kepada narapidana basyaruddin  untuk menjenguk anak kandung yg sedang sakit pada tanggal 22 september 2017 krn desakan beberapa tokoh napi cabang rutan idi untuk diberikan izin.

Sumber yang sangat dipercaya menyebutkan Dalam aksi tersebut dihadiri -+ 400 orang yang diantaranya, Kapolres Aceh Timur, untuk mengamankan lokasi aksi Unjuk rasa napi rutan cabang idi Aceh Timur, AKBP Rudi Pirwiyanto Sik,  Waka Polres Kab. Atim a.n. Kompol Apriadi, Ka Lapas Kelas II Idi Rayeuk a.n. Irdiansyah Rana. ,Kabag Ops Polres Aceh Timur Kompol Raza Gunawan, Kasat Sabhara Polres Aceh Timur  AKP A. Yani, Para Kasat, Kabag dan Kapolsek jajaran Polres aceh dan pejabat terkait.

Sementara tuntutan sejumlah napi  aksi Unras yang disampaikan kordinator aksi a.n. Fahrurazi alias Uten dan kawan nya sebagai berikut :
1. Meminta Napi rutan Idi Rayeuk agar dilindahkan sebagian  ke lapas lain (yang memadai) dikarenakan di rutan Idi Rayeuk sudah sangat sesak.
2. Agar Kasubsi rutan Idi Rayeuk a.n. Rusyidi tidak dikorbankan atau dipindahkan krn telah memberikan izin kepada napi yg anaknya sakit .pada saat karutan pulang tidak ditempat.
3. Agar Kacab rutan Idi Rayeuk a.n. Iridiansyah Rana agar segera dipindahkan dari rutan Idi Rayeuk dikarenakan selalu mempersulit para Narapidana untuk meminta ijin melihat keluarga yang sedang sakit/kemalangan dan tidak menepati janji yang dijanjikan untuk merubah segala kekurangan di Rutan Idi Rayeuk.
4. Agar TV disediakan di rutan Idi Rayeuk seperti yg dijanjikan karutan sehingga para Narapidana bisa menonton TV.
5. Menu makanan agar lebih baik.
6. Para Narapidana banyak yang tidak mendapatkan remisi pada tgl 17 agustus 2017
7. PB (pembebasan bersyarat) sering terlambat.
8. Air bersih kurang memadai krn pompa air tidak diperbaiki.
9. Agar Tidak lagi mempersulit untuk beri izin berobat kepada napi yg harus dirawat di luar. Karena klinik cabang rutan idi sama sekali tidak ada obat-obatan sejak karutan irdiansyah rana jadi kepala.
10. Agar setiap sel disediakan kipas angin seperti yg pernah dijanjikan.
11. Pintu sel untuk tidak di double pada malam hari krn kamar hunian sangat sesak sebagaimana pernah dijanjikan.

Sementara beberapa tanggapan yang disampaikan oleh,  Kacab rutan Idi Rayeuk a.n. Irdiansyah Rana :
a. Masalah over kapasitas saya selaku Kacab rutan Idi Rayeuk akan segera memindahkan Narapidana yang masa hukumannya diatas 4 Tahun.
b. Masalah kipas angin silahkan pakai setiap ruangan tapi tidak ada pengadaan dari pihak Rutan.
c. Masalah isu akan dipindahkan kasubsi Rutan Idi a.n. Rusyidi saya akan berkoordinasi kembali dengan Ka Kanwil kemenkumham Provinsi Aceh.

Sementara itu Kapolres aceh timur Rudy Purwiyanto minta kepada semua narapidana agar menahan diri dan menghindari aksi provokator yang dikhawatirkan akan memicu kekisruhan didalam cabang Rutan Idi Rayeuk.

Mengenai permasalahan lain yang disampaikan oleh narapidana akan di sampaikan kepada kacab rutan idi untuk segera dapat di penuhi apa yg telah dijanjikan ujar Rudy.
Jangan ada lagi kerusuhan kalau ada persualan yang belum di selesaikan oleh Ka rutan idi aceh timur segera di selesaikan dengan baik.

Sementara itu sejumlah sumber resmi yang berhasil di himpun media ini menyebut kan Ka Ka Rutan Idi Aceh Timur Irdiansyah rana sering tidak ada di tempat meskipun hari dinas sehingga napi merasa kesulitan untuk berkomunikadi dengan Kacab. Kebiasaan Kacab Rutan, hampir setiap hari Jum’at sudah berangkat ke Medan dan kembali pada hari senin malam atau Selasa malam.

Media ini belum mendapatkan keterangan resmi menyangkut adanya unjuk rasa napi rutan Idi aceh timur, Ka rutan Idi sudah berulang kali  di hubungi melalui ponsel nya belum tersambung.(red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS