40219 KALI DIBACA

YARA Minta : Semua Desa Wajib Pasang Papan Infomasi Penggunaan Dana Desa

YARA Minta : Semua  Desa Wajib Pasang Papan Infomasi Penggunaan Dana Desa
Ketua YARA Perwakilan Aceh Barat dan Aceh Jaya, Hamdani
example banner
Aceh Barat  I Media Realitas -Banyaknya laporan soal dugaan penyelewengan  dana desa sering kita dengar dana banyak laporan dana desa juga  sudah dilaporkan masyarakat kepada aparat penegak hukum, Namun tak ketinggalan banyak juga yang mengadukan persoalan dana desa ini kepada Yayasan Advokasi dan Aceh (YARA) yang merupakan salah satu Organisasi bantuan hukum untuk masyarakat di Aceh.
Menyikapi hal ini, Ketua YARA Perwakilan Aceh Barat dan Aceh Jaya, Hamdani  mengingatkan kepada Pemerintahan Desa (Aparatur Gampong) terutama kepada Desa desa yang yang berada di Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Barat umumnya setiap kabupaten /kota agar dapat memasang baliho atau papan informasi rencana dan pelaksanaan program dana desa ujar Hamdani kepada Wartawan Selasa ( 8/8 ).
Lebih lanjut Hamdani menyebutkan,semua ini  bertujuan untuk mewujudkan transparansi dalam pemanfaatan dana desa kepada masyarakat.
Ketua Yara Aceh barat yang merangkak dengan Aceh Jaya ini Sesuai dengan Intruksi dari Kementerian Desa yang meminta para Pemerintah desa  terutama Kepala Desa untuk transparansi dalam pelaksanaan Dana Desa, sesuai dengan aturan perundang-undangan Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik khususnya pemerintahan desa di Indonesia.
Sebagai contoh Khusus Kabupaten Aceh Jaya hasil pantauan kami tim dari Yara hal ini belum dilaksanakan dan kami kepada meminta pemerintah Kabupaten Aceh Jaya agar segera melaksanakan instruksi menteri  dan memanggil Kades yang beberapa hari ini, yang di duga telah menyalahi wewenangnya.
Sementara itu di Kabupaten Aceh Barat yang telah kami Liat langsung memang sudah ada beberapa desa yang sudah mulai memasang Spanduk atau baliho papan informasi ADD namun belum menyeluruh.
Kita harap dalam waktu dekat semuanya terpasang agar semua kegiatan terpantau oleh semua pihak,” ujar Hamdani.
Lebih lanjut dikatakan untuk Dana Desa 2017 yang sudah berjalan ini , harus ada perubahan.
Pelaksanaan dan penggunaan Dana Desa harus dilaksanakan secara transparan, hal ini sudah menjadi aturan undang-undang.
Untuk itu Pemerintah desa  dan Kepala Desa harus bisa terbuka terkait masalah Dana Desa didesa nya masing maisng.
Untuk lebih jelas Salah satu unsur dengan memasang informasi tentang pengelolaan Dana Desa agar masyarakat tahu apa program yang dilaksanakan pemerintah desa dan peruntukan dana apakah sesuai atau tidak ini semuanya agar tidak ada kecurigaan kepada pimpinan desa dan Sesuai Instruksi dari Kemendes semua Desa wajib pasang baliho, biar masyarakat tahu dan ikut mengawasi pelaksanaan Dana Desa.
Jika semua desa memasang baliho di tempat terbuka dan transparan kami  rasa semua yang melihat akan senang dan tidak ada lagi rasa curiga yang menyelimuti masyarakat.
Selain untuk transparansi ADD manfaat palang ini cukup banyak termasuk untuk menghilangkan fitnah antara warga dan rasa suuzon kepada aparatur desa.
Kita juga akan mengawasi dana desa ini agar tidak ada kepala desa yang akan terjebak dengan hukum menyangkut penggunaan dana desa yang begitu banyak.
Hamdani lebih lanjut menyebutkan Penyelewengan dana desa ini terjadi karena lemahnya regulasi, pengawasan, dan sumber daya manusia yang mengelola dana desa, kita juga meminta kepada pendamping desa agar lebih berperan aktif dalam mengawasai Anggaran Dana Desa.
Karena pengelolaan dana desa ini banyak yang tidak sesuai atau diselewengkan dan menghambat pembangunan.
Kita mengingatkan Pemerintah Desa untuk tidak menyelewengkan Dana Desa. kami akan mengawasi akan kami kawal ketat penggunaan dana desa bersama sama dengan aparat penegak hukum lainnya.Ini sesuai Intruksi Menteri untuk pengawasan Dana Desa tergabung sejumlah lembaga yang mengawasi, mulai dari Satgas Kemendes,Kementerian dalam Negeri, Kemenkeu, KPK, BPK dan aparat hukum lainnya,” ujar Hamdani menutup keterangan nya.(Red)
example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS