124819 KALI DIBACA

PTPN I Tidak Ikhlas Lepaskan Aset Untuk Pemko Langsa

PTPN I Tidak Ikhlas Lepaskan Aset Untuk Pemko Langsa
example banner

Langsa Aceh I Media Realitas – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Persero dinilai tidak ikhlas melepaskan asetnya berupa sebidang tanah kepada Pemko Langsa, untuk dijadikan lokasi pembangunan Rumah Sakit Regional Aceh. Padahal pengalihan aset milik PTPN I itu tidak gratis, melainkan tetap melalui proses ganti rugi sesuai harga NJOP.

Plt Direktur Eksekutif TOPAN RI Chaidir Hasballah, SE kepada Wartawan, Rabu (30/8), di Langsa menyebutkan  pihaknya sangat  prihatin dengan sikap PTPN I yang terkesan memperlambat proses pengalihan aset tersebut.

Disatu sisi  Pemko Langsa sangat membutuhkan pembebasan lahan itu berlangsung secepat mungkin, agar proses persiapan pembangunan Rumah Sakit Regional Aceh di Kota Langsa berjalan dengan baik.

Dikatakan Chaidir Hasballah, Pemko Langsa telah menyiapkan anggaran untuk ganti rugi lahan PTPN I yang akan dijadikan lokasi pembangunan Rumah Sakit Regional Aceh. Namun, administrasi PTPN I yang rumit dan berbelit-belit telah membuat proses pengalihan aset menjadi berlarut-larut.

Akibatnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, PTPN I Langsa jelas sudah menghambat pembangunan di Kota Langsa.”Bayangkan saja sudah 4 tahun bahasa Direktur PTPN I Langsa itu-itu juga.

Malah Direkturnya sudah dua kali berganti, tapi proses pengalihan aset nya belum selesai juga. Inilah negara kita, kapan mau maju. Tanah negara untuk negara saja begitu sulit. Padahal bukan gratis tapi dibayar juga sesuai harga NJOP” kata nya.

Karena itu, Chaidir Hasballah meminta manajemen PTPN I Langsa agar jangan bermain-main dalam upaya pengalihan aset tersebut. Sebab, program pembangunan Pemko Langsa yang memerlukan lahan ini,merupakan kebutuhan yang penting bagi masyarakat.

“Jadi kita minta PTPN I Langsa untuk segera melakukan reformasi administrasi dan birokrasinya yang selama ini berbelit-belit agar lebih praktis. Karena, tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman jika PTPN I masih menerapkan birokrasi yang rumit,”ujarnya.

Tanah yang dilepaskan oleh pihak PTPN I Langsa untuk keseluruhan nya mencapai 50 Hektare untuk UNSAM Langsa ,16,17 Hektare untuk rumah sakit regional batas akhir dengan desa lengkong , Tanah tersebut sudah pernah di ukur oleh pihak BPN Aceh.(red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS