45919 KALI DIBACA

Konfrensi Pers : Panton Labu Menuju Pemekaran

Konfrensi Pers : Panton Labu Menuju Pemekaran
Konfrensi Pers Menuju Pemekaran Panton Labu
example banner
Panton Labu I Media Realitas – Konferensi pers yang dilakukan Komite Persiapan Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Panton Labu berjalan mulus, di sekretariat Panton Labu – Aceh Utara, Minggu, (20/08).
Kepada Media ini, Hendra Nurdin ketua Komite Persiapan Pemekaran DOB PEMKO PANTON LABU mengatakan, telah melakukan berbagai persiapan terkait cita-cita untuk melahirkan Pemerintahan baru di bumi Malikussaleh.
“Tahapan demi tahapan telah dilakukan sejak diadakan rapat Konsolidasi pada 26-27 Juli lalu di Aula Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kota Panton Labu – Aceh Utara. Gagasan DOB Kabupaten Pasee Raya, sebagai reinkarnasi perjuangan dahulu yang pernah menjadi gagasan para orang tua kami di tahun 2002 atau sebelum Tsunami,” ucap Hendra.
Tahapan sosialisasi telah kami lakukan pasca konsolidasi kemarin, panitia telah menjumpai tokoh-tokoh masyarakat, kemudian bersilaturahmi dengan Legislatif, Pemkab Aceh Utara serta DPRA. Dari keseluruhannya berpendapat dan menyarankan agar diusulkan menjadi Pemko Panton Labu.
Ketika Media ini mengkonfirmasi Syamsyuddin Jalil atau yang akrab disapa Ayah Panton, Seorang Budayawan Aceh via Handphone secara terpisah mengatakan, Kota Panton Labu itu sangat layak bila dimekarkan menjadi sebuah pusat pemerintahan baru di Aceh Utara.
“Kota Panton Labu saat ini menjadi pusat perekonomian aktif di wilayah Timur Aceh, betapa tidak. Delapan Kecamatan yang berada diantara dua wilayah, yakni Aceh Timur dan Aceh Utara setiap hari aktif membelanjakan uangnya di pusat perbelanjaan ini,” ucap Ayah Panton.
Masih menurut Ayah Panton, hal itu bisa dilihat dari berdirinya hampir seluruh cabang Perbankan ada di kota ini. Jika kota ini tidak aktif, maka sungguh tak mungkin Bank akan bertahan di kota ini, terlebih jika tidak ada transaksi yang dilakukan nasabah setiap hari kerja.
Dukungan dari berbagai elemen masyarakat pun terus berdatangan, mulai dari menyumbangkan pikiran, bahkan juga ada yang menyumbang sedikit finansial demi terwujud lahirnya Pemko baru di tanah Samudra Pase itu.
Dari 23 Kecamatan yang ada diwilayah Pemkab Aceh Utara, empat kecamatan sudah sangat menginginkan lahirnya Pemko Panton Labu. Keempat Kecamatan yang dimaksud antara lain meliputi Kecamatan Tanah Jambo Aye, Seunudon, Langkahan, serta Baktiya.
Apabila dikemudian hari Pemko ini terbentuk, masyarakat telah mempersiapkan sebuah semboyan baru di wilayah Kota Niaga itu, yakni nama singkatan dari keempat kecamatan yang sedang digagas sehingga menjadi “JAMBOSEULANGA”.
Adapun dari keempat kecamatan yang digagas menjadi Pemko Panton Labu itu sudah sangat layak, yakni dengan jumlah Gampong atau Desa berjumlah 160 desa, luas wilayah 580 km2 persegi, serta berpenduduk 200.000 jiwa.
Terlebih  wilayah ini didukung sumber daya alam cukup, sehingga mampu menggenjot perekonomian dan bisnis warga yang bernaung di wilayah Pemko Panton Labu nantinya.
Turut hadir sejumlah tokoh saat dilakukan konferensi pers di sekretariat DOB Pemko Panton Labu, yakni Ketua Komite Pemekaran Hendra Nurdin, Muksalmina , H Abdul Mukti Umar, H Mulyadi CH Wakil Ketua DPRK Aceh Utara, Syamsyuddin Jalil Budayawan Aceh, serta dihadiri perwakilan tiap Kecamatan.(red)
example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS