31819 KALI DIBACA

Kemendagri Hadir Dalam Penyerahan SK Pengaktifan DPRD Mimika

Kemendagri Hadir Dalam Penyerahan SK Pengaktifan DPRD Mimika
example banner

Timika I Media Realitas – Kementrian Dalam Negeri yang diwakili Dirjen Otonomi Daerah Dalam Negeri Sony Sumarsono, menghadiri penyerahan Surat Keputusan (SK) pengaktifan 35 anggota DPRD Mimika Selasa (15/8) di  Gedung DPRD Mimika.

“Kehadiran Dirjen Otonomi Daerah untuk menghadiri pengaktifan para anggota DPRD Mimika. Saya mewakili Gubernur untuk menyerahkan SK pengaktifan anggota DPRD,” kata Asisten III Pemprov Papua.

Asisten III menjelaskan, kehadiran Dirjen Otda, selain  melihat lebih dekat kesiapan Pemerintah Provinsi Papua dalam menghadapi Pemilhan Daerah mendatang, Ditjen akan langsung mendapingi dan memantau konsolidasi dua lembaga yakni Eksekutive dan Legislative Kabupaten Mimika.

Soni Sumarsono MDM Dirjen Orda Kemendagri mengatakan, Eksekutiv dan Legislative harus meninggalkan cerita masa lalu untuk menuju Mimika yang lebih baik.

“Momentum hari ini membangun Mimika yang lebih baik, semangat harus dibangun sehingga Mimika makin maju. Konsolidasi dilingkungan DPRD dan lingkungan Pemda. Selama satu bulan tim Kemendagri akan mengawasi dan memonitor proses konsolidasi kedua lembaga ini. Bapak-bapak tidak perlu ke Jakarta cukup berbicara dengan tim yag ada,” kata Sumarsono

Sumarsono menambahkan, semua hak-hak DPRD harus diberikan dihitung sejak dilantik. Menurutnya, Eksekutive bersama Legislative harus fokus pada agenda perubahan APBD sehingga hak-hak DPRD diberikan.

“Semua proses konsolidasi akan terus diawasi dan dimonitor. Semua harus menjaga suasana yang baik dan tidak perlu melihat kebelakang karena hari ini adalah kenyataan dan esok adalah harapan bersama terciptanya Kabupaten Mimika yang lebih baik,” ucap Sumarsono.

Ketua DPRD Mimika Elminus Mom dalam sambutan mengatakan, sungguh suatu perjuangan yang melelahkan dengan kurun waktu yang cukup panjang, namun akhirnya para anggota DPRD Mimika dan pendukung merasahkan perjuangan.

“Kita semua boleh merasakan hasil dari perjuanagan ini. Saya yakin dan percaya bahwa, hasil ini merupakan kehendak Tuhan bagi Kabupaten Mimika yang telah lama merindukan pembangunan dan pelayanan dengan kasih

Menurutnya, perjuangan bukan semata-mata untuk DPRD, tetapi lebih kepada penegakan hukum dan penataan sistem pemerintahan yang baik sebagaimana telah diamanatkan dalam Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

“Kehadiran DPRD Mimika bukan sekedar impian yang tidak logis, tetapi karena telah melalui proses dan mekanisme peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” kata Mom. (Red)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS