39519 KALI DIBACA

Qatar Serahkan Tanggapan Atas Tuntutan Arab Saudi Cs ke Kuwait

Qatar Serahkan Tanggapan Atas Tuntutan Arab Saudi Cs ke Kuwait
example banner

Doha – Qatar telah memberikan tanggapan terhadap tuntutan Arab Saudi dan sekutunya terkait krisis kawasan Timur Tengah. Tanggapan resmi Qatar itu diserahkan kepada Kuwait, yang bertindak sebagai penengah dalam krisis ini.

Pekan lalu, empat negara Teluk Arab seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir mengirimkan daftar 13 tuntutan sebagai prasyarat untuk mengakhiri krisis. Kemudian pekan ini, Saudi cs mengabulkan permintaan Kuwait untuk memperpanjang batas waktu bagi Qatar.

Empat negara itu memutuskan memperpanjang batas waktu hingga dua hari atau 2 x 24 jam. Dengan demikian, Qatar memiliki waktu 12 hari untuk memenuhi tuntutan-tuntutan Saudi cs itu, terhitung sejak 22 Juni lalu.

Seperti dilansir AFP, Senin (3/7/2017), rincian tanggapan Qatar terhadap tuntutan Saudi cs itu tidak dirilis ke publik.

Namun seorang pejabat salah satu negara Teluk Arab menuturkan kepada AFP bahwa Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, menyerahkan tanggapan resmi Qatar itu dalam kunjungan singkat ke Kuwait pekan ini.

Daftar 13 tuntutan Saudi cs itu termasuk menutup televisi Al-Jazeera yang berbasis di Doha, Qatar, kemudian menutup pangkalan militer Turki di Qatar, dan mengurangi hubungan dengan Iran, musuh abadi Saudi cs.

Qatar juga didesak memutuskan hubungan dengan kelompok-kelompok militan seperti Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Ikhwanul Muslimin, Al-Qaeda, Hizbullah dan Jabhat Fateh al-Sham, bekas cabang al-Qaeda di Suriah. Juga disebutkan bahwa Qatar harus berhenti mencampuri urusan dalam negeri dan luar negeri Saudi cs serta menghentikan praktik pemberian kewarganegaraan Qatar pada warga negara dari keempat negara tersebut.

Dalam pernyataan sebelumnya, Menlu Sheikh Mohammed menyebut daftar tuntutan Saudi cs itu ‘dibuat untuk ditolak’. Jika tuntutan itu tidak dipenuhi hingga batas waktu berakhir, Saudi cs mengancam akan memberlakukan sanksi lanjutan bagi Qatar.

Saudi cs kompak memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar sejak 5 Juni lalu. Mereka menuding Qatar mendukung terorisme dan melunak pada agenda-agenda Iran, musuh Saudi. Tudingan-tudingan itu telah disangkal oleh Qatar, yang menyebutnya sebagai tudingan tak berdasar.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS