23919 KALI DIBACA

Panglima Laot Se- Aceh Adakan Musyawarah Besar Yang Ke IV

Panglima Laot Se- Aceh Adakan Musyawarah Besar Yang Ke IV

Banda Aceh I Media Realitas – Musyawarah Besar (Mubes) Panglima Laot Se-Aceh digelar mulai dari tanggal 20 hingga 21 Juli 2017 yang dipusatkan di Hotel Regina, Banda Aceh, Kamis 20/07/2017.

Lembaga Hukum Adat Laut Panglima Laut Provinsi Aceh mengadakan Duek Pakat Raya yang ke IV Musyawarah Besar (Mubes IV) yang dibuka oleh dan atas nama Gubernur Aceh dan disampaikan oleh Dr.H.Iskandar Agani,SH,M.Hum selaku Asisten I Pemerintah Provinsi Aceh dalam sambutannya menyampaikan bahwa panglima laot organisasi yang sangat besar dan diakui UU.

Selain itu, sambutan juga disampaikan oleh Anggota Dewan Pembina Panglima Laot YPMAN Aceh Bapak Ir. Sarwono Kusuma Atmadja yang juga selaku mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI. selanjutnya Ketua Masyarakat Adat Aceh (MAA) juga ikut memberikan sambutan dan arahan.

Saya adalah salah-satu peserta yang hadir membalas sambutan harapan semoga Duek Pakat Nelayan yang bergabung dalam Lembaga Adat Panglima Laot ini hasilnya bisa lansung diterima didengar oleh Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu “kata Sarwono Kusuma Atmadja.

Harapan saya menjadi sangat khusus terkait lemahnya peran dan fungsi lembaga adat panglima laot selama ini ditengah tengah derita dan nasip nelayan. Harapan saya itu adalah memohon kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih untuk memasukkan sektor Kelautan dan Perikan dan masuk dalam renca strategis pembangunan Aceh.

Yang kedua memohon agar mendukung lahirnya Qanun Aceh tentang Lembaga Adat Panglima Laot serta ke anggotaan Nelayan Aceh.

Yang terakhir dengan adanya Mubes ini bisa memberikan sebuah langkah terhadap pembinaan dan perhatian khusus kepada masyarakat nelayan dan lembaga adat panglima laot di wilayah Aceh “tutup Sarwono Kusuma Atmadja.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS