34319 KALI DIBACA

Jokowi Puji Baiq Mariah, Jemaah Haji Indonesia Berusia 104 Tahun

Jokowi Puji Baiq Mariah, Jemaah Haji Indonesia Berusia 104 Tahun

Jakarta – Musim haji telah tiba. Ratusan ribu jemaah Indonesia akan melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekah. Dari banyaknya jemaah haji Indonesia tersebut, satu nama menarik perhatian Presiden Joko Widodo.

Dia adalah Baiq Mariah. Jokowi kagum akan kesabaran Nenek Baiq dalam menunggu antrean untuk berangkat haji. Kisah Nenek Baiq dituangkan Jokowi dalam akun Facebook resminya, @Jokowi, Sabtu (29/7/2017). Jokowi turut mengunggah foto Nenek Baiq, yang tampak sedang berdoa.

“Baiq Mariah sudah berusia 104 tahun, tapi semangatnya untuk beribadah sungguh mengagumkan. Ia menunggu bertahun-tahun lamanya untuk menunaikan ibadah haji tahun 2017,” ungkap Jokowi.

Nenek Baiq adalah wanita kelahiran Nusa Tenggara Barat. Dengan usianya yang lebih dari satu abad, Nenek Baiq menjadi jemaah haji tertua asal Indonesia tahun ini.

“Dengan usia lebih satu abad itu, perempuan dari Nusa Tenggara Barat (NTB) ini menjadi calon jamaah haji tertua Indonesia tahun ini. Usianya terpaut 88 tahun dengan Rihadatul Ais Kaziah dari Jawa Barat, yang menjadi jamaah termuda di usia 16 tahun,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan jemaah haji Indonesia akan berangkat melalui 13 penerbangan dari Tanah Air. Kelompok terbang (kloter) pertama telah berangkat pada Jumat (27/7) kemarin. Kloter terakhir akan berangkat pada Sabtu, 26 Agustus 2017.

Presiden Jokowi menambahkan ada lebih dari dua ratus ribu jemaah haji yang akan diberangkatkan ke Mekah tahun ini. Angka tersebut dibagi menjadi dua kelompok jemaah.

“Kuota jemaah haji Indonesia tahun ini adalah 221.000, terdiri dari 204.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus,” kata Jokowi.

Dengan persiapan yang cukup, Jokowi berharap pelaksanaan ibadah haji tahun ini dapat berjalan dengan lancar. Jokowi mengatakan pemerintah akan berusaha memberikan pelayanan dan perlindungan sebaik mungkin demi kekhusyukan ibadah haji jemaah asal Indonesia. Terakhir, Jokowi punya doa untuk jemaah haji Indonesia.

“Semoga menjadi haji yang mabrur. Labbaik Allahumma Labbaik,” doa Jokowi.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS