40919 KALI DIBACA

KAPAL YACHT BERBENDERA PERANCIS KARAM DI PANTAI UJUNG ASAM SABANG

KAPAL YACHT BERBENDERA PERANCIS KARAM DI PANTAI UJUNG ASAM SABANG
example banner

Sabang Aceh I Media Realitas- Kapal berbendera Perancis dikabarkan karam di perairan Sabang tidak diketahui penyebabnya.

Sejumlah sumber yang berhasil dihimpun media ini menyebutkan belum diketahui secara persis kapal berbendera Perancis itu karam di Sabang.

Sumber media ini menyebutkan Pada hari Sabtu 03 Juni 2017 sekira pukul 20.00 wib telah karam Kapal jenis YACHT (peserta Sabang Marine Festival) dipantai Ujung Asam tepat di sebelah Depot PERTAMINA Sabang alamat. Gampong Kuta Barat Kecamatan Sukakarya Sabang.

Sebuah sumber di kepolisian menyebutkan Identitas kapal Jenis Kapal : YACHT Nama Kapal : THIMSAL.
Bendera : PRANCIS.
Ket. Mesin : GT:11.69.

Kru kapal Nahkoda: Patrick Fournet (53Thn) Francis Owner: Pierre Sintes ( 50Thn) Francis.

Kronologi karamnya Kapal tenggelam di kawasan pulau Sabang Aceh Pada hari kamis 01 mei 2017 sdr.

Patrick Fournet mengajukan SIB kepada KSOP Sabang untuk keluar dari perairan Sabang menuju kepulauan Mauritius Seycheleas, dengan tujuan akhir Prancis, setelah menerima SIB kapal selanjutnya bergerak meninggalkan teluk Sabang ujar sebuah sumber di sabang.

Pada hari jumat tanggal. 02 Juni 2017 Kapal mengalami Down Force tenaga batrai, akibatnya mesin hilang tenaga dilaut, menyadari kondisi mesin tidak memungkinkan untuk berlayar Skiper a.n Patrick memutuskan kembali ke perairan Sabang, guna melakukan perbaikan, ketika Kapal berlayar ke Sabang, Skiper hanya mengandalkan tenaga layar untuk menjalankan Kapal.

Sunber lain juga menyebutkan pada Sabtu 03 Juni 2017, pukul 20.00 wib kapal berhasil dibawa sedniri dari Patrick masuk teluk Sabang, namun dikarenakan mesin mengalami masalah serius dan angin kencang melanda perairan Sabang maka sdr Patrick tidak mampu mengendalikan laju kapal, akibatnya Kapal dihempas gelombang tinggi dan terdampar dibibir pantai dengan kondisi tiang layar patah, dan lambung Kapal tersangkut di karang ujarnya.

Sementara Pukul 22.30 tim SAR melakukan evakuasi korban, saat ini korban beserta kapal masih berada dipinggir pantai menunggu prosedur penyelamatan selanjutnya dari tim SAR Sabang, demikian dilaporkan sebagai info awal.

Sumber lain juga menyebutkan Kurang telitinya kru Kapal dalam mengecek kesiapan mesin diyakini sebagai salah satu penyebab terdamparnya Kapal YACHT THIMSAL.
Cuaca buruk yang melanda Sabang dalam satu minggu terahir juga berpotensi besar menjadi penyebab karamnya Kapal YACHT THIMSAL diperairan Sabang.

Sementara itu Pihak terkait yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan izin berlayar diduga telah melakukan kelalaian dalam mengeluarkan SIB Kapal YACHT THIMSAL, mengingat untuk memperoleh Surat Izin Berlayar, pengecekan kesiapan Mesin dan Kru pemohon SIB adalah bagian terpenting yang harus dilakukan pihak terkait guna antisipasi terjadinya hal-hal buruk ketika berlayar.

Pihak berwajib di Sabang juga serang meneliti keberadaan kapal tersebut yang saat berada di Sabang. ( h a Muthallib ).

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS