59219 KALI DIBACA

Ramadhan Edukasi Kemulian Orang Sabar

Ramadhan Edukasi Kemulian Orang Sabar
example banner

Oleh : Yusra Jamali

Setiap manusia mempunyai kesabaran, semakin tinggi kesabaran seseorang akan semakin tinggi kemuliaannya. Kemuliaan bersumberdari Allah sebagai manifestasi nilai-nilai keislaman, semua nilai bersumber pada keimanan.

Seorang muslim mempunyai sifat sabar sebagai karakteristik setiap muslim. Sabar sangat dekat dengan tawakkal, setiap orang yang tawakkah selalu bersikap istiqamah.

Sabar, tawakkal dan istiqamah adalah karakter muslim yang selalu didambakan.Sabar adalah senjata ampuh bagi seorang muslim yang taat. Seorang muslim, ketika menghadapi musibah selalu sabar karena yakin bahwa semua itu menjadi pelajaran dan datangnya dari Allah dengan tidak sia-sia.

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,” (QS. Al-Baqarah : 45). Tawakal merupakan salah satu buah dari keimanan.

Setiap orang yang beriman memandang bahwa semua urusan kehidupandan semua manfaat serta madharat ada di tangan Allah.Dia tidak takut menghadapi masa depan, tidak akan kaget dengan segala kejutan.

Hatinya akan tetap selalu tenang dan tenteram, karena ia yakin akan keadilan Allah Swt.Oleh sebab itu, Islam menetapkan bahwa iman harus diikuti oleh sikap tawakal. “Serbulah mereka dengan melalui pintu gerbang (kota) itu, Maka bila kamu memasukinya niscaya kamu akan menang dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman”.[ QS. Al-Maidah : 23]

Cobaan dan tantangan akan terus menjadi bagian dari kesabaran, kehidupan dalam kesabaran membuat hidup ini penuh dinamika, cobaan sebagai ujian naik kelas, semakin sering menghadapi cobaan dan dapat diselesaikan dengan benar sesuai waktu yang ditetapkan, maka yang demikian disebut orang berkelas. Jangan sebut diri orang hebat atau berkelas jika belum diuji dan terus diuji. (dbs)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS