119419 KALI DIBACA

NARAPIDANA LAPAS KELAS II B LANGSA AKAN DILEPAS UNTUK GOTONG ROYONG MASSAL

NARAPIDANA LAPAS KELAS II B LANGSA AKAN DILEPAS UNTUK GOTONG ROYONG MASSAL
example banner

 

Langsa I Media Realitas-Untuk pertama kalinya selama terbentuknya lembaga pemasyarakatan ( Lapas) di kota Langsa, sekarang ini type kelas IIB para narapidana yang mendapat predikat baik dan menunjukkan kelakuan yang baik selama dalam pembinaan di lapas Langsa.
Maka dalam waktu dekat ini untuk waktu waktu tertentu akan dilepas sebagai kerja baktinya di luar.

Gotong royong yang selama ini kota lakukan melihatnya napi untuk membantu masyarakat seeprti pengeboran mesjid dikawasan kota langsa beberapa waktu lalu ujar Drs. Said Mahdar, SH kelapas kls II B langsa kepada wartawan Selasa (30/5) diruang kerjanya.

Lebih lanjut Said Mahdar menyebutkan untuk berintegrasi langsung dengan masyarakat, napi yang selama ini di tahan ke depan selesai menjalani tahanan dengan membukakan Mentan yang lebih baik nantinya juga akan lebih baik ketika pulang ke tempat tinggal nya ujarnya.

Said juga lebih lanjut menyebutkan kapasitas lapas 145 orang, tetapi faktanya dihuni oleh 460 orang narapidana dan tahanan, membludaknya penghuni lapas diantaranya karena adanya titipan tahanan polres Langsa dan banyaknya napi pindah dari Lapas atau rutan lain di Aceh.
Sementara sel tahanan atau blok dalam Lapas sedang dalam perbaikan ujar nya lagi.

Said Mahdar menjelaskan bahwa untuk melakukan antisipasi terhadap over kapasitas penghuni lapas, maka dibuat tempat angin angin di dalam bangunan lapas, sehingga tidak menimbulkan sesak akibat over kapasitas.

Sementara narapidana perempuan sebanyak 23 orang rata rata kasus nya penyalahgunaan narkotika dan terdapat seorang napi perempuan yang mengasuh anaknya dalam penjara karena usia balita dibawah dua tahun, perlu diberi air susu ibu dan terkadang balita tersebut di asuh oleh neneknya diluar penjara.

Said Mahdar menambahkan bahwa para napi dan tahanan tetap diberi kesempatan dan fasilitas untuk ibadah puasa dan tarawih serta setiap malam Jumat diadakan pengajian pola pesantren kilat bekerja sama dengan dinas syariat Islam, yayasan Al Washliyah,IAIN cotksla dan Depag.

Dalam tahanan Napi dan agamanya yang mendapat fasilitas yang cukup, apabila kondisi sakit berat dapat dirujuk ke RSUD Langsa.

Sementara ketua lembaga pengawasan dan advokasi publik republik Indonesia – LPAP RI. Ibnu Hajar, SH Melakukan monitoring ke lapas mengakui terhadap perubahan yang signifikan bahwa tidak ada lagi napi yang keluar masuk penjara secara melanggar aturan, semua napi dan tahanan semuanya berada di tempat, dan apabila ada hal yang sangat penting untuk syarat meminta cuti mengunjungi gimana keluar, dipersyaratkan dgn sangat ketat.

Lebih lanjut Ibnu Hajar menyebutkan Lapas kls II B Langs dibawah pimpinan Said mahdar perlu di contohkan oleh Lapas lain nya yang ada di Aceh saat ini ujarnya kepada wartawan media ini selesa sore ( 30/5) di langsa ( h a Muthallib ).

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS